3 Minggu Menjelang Bitcoin Halving, Harga BTC Diprediksi Capai $20.000!

author:

3 Minggu Menjelang Bitcoin Halving, Harga BTC Diprediksi Capai $20.000!

Jakarta, Pintu News – Dengan halving Bitcoin yang tinggal tiga minggu lagi, pasar crypto bersiap untuk peristiwa yang berpotensi mengubah peta kekuatan ekonomi digital.

Analis dan investor sama-sama menantikan dampak dari halving ini, yang bersejarah telah mendorong lonjakan harga Bitcoin.

Halving Bitcoin: Momentum untuk Lonjakan Harga hingga $20.000?

Halving Bitcoin, yang dijadwalkan pada 19 April 2024, menandai pengurangan hadiah penambangan dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC.

Baca juga: Bitcoin Menuju Bull Run? Simak Prediksi Mengejutkan Analis tentang Bitcoin dan Altcoin!

Peristiwa ini, yang terjadi setiap empat tahun sekali, telah secara historis menjadi katalis untuk kenaikan harga Bitcoin, dengan beberapa analis memprediksi target harga hingga $200.000 pada akhir 2025.

Dalam persiapan untuk halving, banyak penambang Bitcoin telah melikuidasi kepemilikan mereka untuk memperbarui peralatan penambangan. Ini menunjukkan antisipasi yang tinggi terhadap perubahan ekonomi yang akan datang dalam ekosistem Bitcoin dan potensi untuk lonjakan harga yang signifikan.

ETF Bitcoin: Pendorong Baru Pasca-Halving?

Laporan terbaru dari Canaccord Genuity menyoroti lonjakan harga Bitcoin sebesar 60% di kuartal pertama, didorong oleh peluncuran ETF spot, halving yang akan datang, dan peningkatan selera risiko di pasar keuangan.

Analis memperkirakan bahwa halving akan memberikan dorongan lebih lanjut untuk ETF Bitcoin, terutama dengan persetujuan SEC terhadap 11 ETF Bitcoin spot di AS.

Dengan halving yang mengurangi pasokan Bitcoin, banyak yang optimis bahwa ini akan menciptakan angin punggung yang berkelanjutan bagi investor ritel yang ingin memasukkan eksposur crypto ke dalam akun yang mendapat keuntungan pajak seperti IRA.

Kinerja Penambang dan Prospek Pasca-Halving

fear and greed index bitcoin
Sumber: Bitcoinist

Meskipun penambang Bitcoin secara publik telah underperform dibandingkan dengan harga BTC di kuartal pertama, banyak yang mempertanyakan profitabilitas mereka pasca-halving.

Di sisi lain, ETF Bitcoin spot menawarkan alternatif bagi investor ekuitas untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin.

Jika pola historis berulang, periode yang lebih bullish untuk Bitcoin mungkin terungkap dalam bulan-bulan setelah halving. Ini menimbulkan pertanyaan besar tentang bagaimana dinamika pasar crypto akan berubah dan potensi untuk pertumbuhan harga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dengan halving Bitcoin yang semakin dekat, komunitas crypto berada di tepi kursi mereka, menunggu untuk melihat bagaimana peristiwa ini akan mempengaruhi harga dan ekosistem secara keseluruhan.

Bersama prediksi harga yang ambisius dan potensi dorongan untuk ETF Bitcoin, masa depan pasar crypto tampaknya penuh dengan kemungkinan. Namun, hanya waktu yang akan menentukan hasil sebenarnya dari halving ini dan dampak jangka panjangnya terhadap dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: