Halving Bitcoin 2024: Tantangan Baru Bagi Penambang dan Keselamatan Jaringan!

Halving Bitcoin 2024: Tantangan Baru Bagi Penambang dan Keselamatan Jaringan!

Saat kita menyelesaikan 6 bulan pertama tahun 2023, jaringan Bitcoin semakin dekat ke tonggak penting — penurunan separuh nilai blok yang akan datang, yang hanya berada kurang dari 300 hari lagi.

Proyeksi menunjukkan bahwa peristiwa ini dijadwalkan berlangsung antara 21 dan 27 April 2024, yang akan menyebabkan pengurangan yang signifikan sebesar 50% dalam pendapatan partisipan penambangan.

Perkembangan semacam ini pasti akan membawa perubahan besar dalam lanskap distribusi penambangan, karena penambang akan melihat penurunan substansial dalam jumlah Bitcoin yang mereka terima dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Halving Bitcoin: Dapatkah Menciptakan Persamaan Berkelanjutan untuk Penambang dan Keamanan Jaringan?

Dalam waktu 9 bulan, halving Bitcoin akan menunjukkan kehadirannya, memberikan industri penambangan tantangan besar — penurunan yang signifikan dalam pendapatan, terutama jika harga pasar tetap stagnan atau menurun.

Biasanya, harga Bitcoin (BTC) mengalami lonjakan yang patut diperhatikan sekitar 6 bulan hingga satu tahun sebelum peristiwa halving.

Baca Juga: Hanya 50.000 Blok Lagi Menuju ‘Halving’ Bitcoin, Saatnya Harga Bitcoin Melambung?

Dalam rentang 6 bulan, Bitcoin (BTC) telah melonjak lebih dari 80% di tahun 2023. Saat ini, sekitar 900 Bitcoin baru masuk ke pasar setiap hari (144 blok), menghasilkan total harian sekitar $26 juta untuk penambang, di samping biaya transaksi, berdasarkan nilai tukar saat ini.

Halving Bitcoin 2024 dan Tantangan Baru: Menyelami Masa Depan Hadiah Penambangan

Halving Pertama Bitcoin di 2012
Unsplash

Namun, hanya dalam 9 bulan, jika harga tetap dalam kisaran yang sama, partisipan penambangan akan menyaksikan penurunan tajam, mendapatkan jumlah harian yang berkurang menjadi $13 juta, ditambah biaya.

Statistik menunjukkan bahwa biaya penambang hanya menyumbang sebagian kecil dari pendapatan yang diperoleh oleh penambang Bitcoin.

Menurut data dari 7 Juli 2023, biaya mewakili 1,89% dari pendapatan yang dihasilkan dari 144 blok. Pada Juni 2023, penambang Bitcoin secara kolektif mendapatkan $783,76 juta dalam pendapatan, dengan hanya hadiah blok (tidak termasuk biaya) mencapai $745,45 juta.

Rasio biaya yang rendah membawa beberapa implikasi untuk keberlanjutan jangka panjang jaringan saat hadiah menurun dengan setiap halving.

Baca Juga: Para Ahli Ungkap Strategi Trading dan Prediksi Harga Bitcoin Setelah Halving

Sebagian pendukung berpendapat bahwa biaya harus naik untuk mencapai rasio biaya-ke-hadiah yang lebih tinggi untuk mencegah masalah potensial.

Halving 2024 akan menguji teori lebih dari halving sebelumnya. Kali ini, hadiah akan berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok setelah halving.

Setelah halving, inflasi tahunan di jaringan Bitcoin akan turun dari 1,7% saat ini menjadi 0,84%.

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, mencari keseimbangan antara mengurangi hadiah blok dan memastikan insentif yang cukup untuk penambang sangat penting bagi jaringan Bitcoin.

Keseimbangan ini mungkin melibatkan faktor seperti biaya transaksi, skalabilitas jaringan, dan adopsi crypto secara keseluruhan untuk menjaga keberlanjutan dan keamanan jangka panjang jaringan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: