Misteri Penemu Bitcoin, Bukti Baru Menunjukkan Hal Finney Bukanlah Satoshi Nakamoto!

author:

Misteri Penemu Bitcoin, Bukti Baru Menunjukkan Hal Finney Bukanlah Satoshi Nakamoto!

Dalam dunia crypto, misteri identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, tetap menjadi topik perdebatan yang hangat. Meskipun banyak teori yang beredar, bukti baru menunjukkan bahwa Hal Finney, salah satu kontributor awal Bitcoin, mungkin bukanlah Satoshi Nakamoto.

Klaim Tentang Hal Finney

penemu bitcoin hal finnley
Hal Finney – Sumber: Coin Desk

Hal Finney, seorang ilmuwan komputer yang dihormati, telah lama diperdebatkan sebagai kandidat potensial untuk menjadi Satoshi Nakamoto. Selain Satoshi, Finney adalah orang pertama yang mengunduh dan menjalankan perangkat lunak Bitcoin. Namun, bukti baru menunjukkan bahwa mungkin tidak mungkin bagi Finney untuk menjadi Satoshi.

Baca juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Bukti dari Jameson Lopp

Jameson Lopp, seorang yang memproklamirkan diri sebagai cypherpunk dan salah satu pendiri perusahaan penyimpanan Bitcoin, Casa, juga tidak mempercayai spekulasi tersebut. Dalam sebuah posting blog pada 21 Oktober 2023, Lopp membagikan bukti baru yang menimbulkan keraguan lebih lanjut pada teori tersebut.

penemu bitcoin hal finnley
Sumber: Twitter

Lopp menyoroti sebuah lomba yang diadakan pada 18 April 2009 di Santa Barbara, California, di mana Finney berpartisipasi. Lomba ini berlangsung saat email dikirim bolak-balik antara Satoshi Nakamoto dan pengembang Mike Hearn.

Menurut Lopp, tidak mungkin bagi Finney untuk berpartisipasi dalam pertukaran email sambil fokus pada lomba. Terlebih lagi, ada transaksi Bitcoin yang dikonfirmasi selama waktu yang sama dengan lomba ini.

Baca juga: Setelah 5 Tahun, Penemu Bitcoin ‘Satoshi Nakamoto’ Kembali Muncul dalam Sebuah Postingan!

Lopp juga menunjukkan perbedaan gaya kode antara Nakamoto dan Finney, dengan menyoroti perbedaan besar dalam preferensi spasi baris dan kepribadian keseluruhan mereka. Dengan informasi ini, dia mempertanyakan bagaimana satu orang bisa memiliki identitas kode yang begitu berbeda.

“Selama saya meneliti Satoshi, saya belum menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Satoshi adalah sebuah kelompok. Jika itu adalah sebuah kelompok, maka mereka semua beroperasi dengan jadwal tidur yang sama, konsisten di seluruh komit kode, email, dan posting forum.”

Meskipun penyelidikan Lopp tidak memberikan bukti definitif, ia menyajikan kasus yang menarik melawan klaim bahwa Finney adalah pencipta Bitcoin. Namun, misteri di balik identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: