Kontroversi SEC dalam Kasus Pemblokiran Aset Crypto: Teguran Hakim Federal!

Kontroversi SEC dalam Kasus Pemblokiran Aset Crypto: Teguran Hakim Federal!

Seorang hakim federal Amerika Serikat baru-baru ini mengeluarkan teguran tajam kepada tim hukum Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) atas tindakan yang dianggap menyesatkan. SEC dituding telah memanipulasi proses pengadilan dengan menyajikan informasi yang tidak akurat untuk membekukan aset sebuah perusahaan crypto, sebuah langkah yang dapat merusak kepercayaan terhadap regulasi crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kritik Hakim terhadap SEC

Robert Shelby, Hakim Distrik AS yang bertugas di Pengadilan Distrik Utah, telah mengeluarkan kritik keras terhadap tim hukum SEC. Mereka dituduh menyampaikan argumen yang “tidak benar dan menyesatkan” dalam permohonan hukum untuk membekukan aset perusahaan crypto yang bernama Debt Box.

Menurut hakim, tindakan ini telah menimbulkan kerugian besar bagi Debt Box yang tidak bisa diperbaiki. Setelah Debt Box menunjukkan bahwa mereka tidak melakukan transfer dana ke luar negeri atau menutup akun bank mereka, SEC kini menghadapi kemungkinan sanksi. SEC diberikan batas waktu dua minggu untuk merespons temuan hakim. Kejadian ini memunculkan keraguan mendalam tentang keadilan prosedur hukum yang diterapkan oleh SEC.

Baca Juga: SEC AS Soroti Industri Crypto di 2024: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Isu Penawaran Sekuritas Tanpa Izin

Pada bulan Juli, SEC mengajukan gugatan terhadap Debt Box dengan tuduhan menjual sekuritas yang tidak terdaftar, yang dikenal sebagai “lisensi node”, sejak tahun 2021. Debt Box dituduh menipu para investor dengan mengklaim bahwa lisensi tersebut akan menghasilkan crypto dengan nilai yang meningkat.

Namun, berdasarkan pengaduan awal dari SEC, Debt Box sebetulnya menciptakan crypto mereka sendiri melalui kode komputer. Tuduhan ini menambah kekhawatiran yang sudah ada terkait dengan cara SEC mengatur industri crypto, yang sering kali dikritik karena ketidakjelasan dan kurangnya pedoman yang konsisten.

Teguran yang diberikan oleh Hakim Shelby kepada SEC merupakan titik kritis dalam penegakan hukum di ranah crypto. Insiden ini mengingatkan semua pihak bahwa kejujuran dan keterbukaan merupakan hal yang sangat penting dalam proses hukum, khususnya di industri yang sedang berkembang pesat seperti crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: