Hacker Berhati Mulia: Mengembalikan Jutaan Dolar Tanpa Tebusan

Hacker Berhati Mulia: Mengembalikan Jutaan Dolar Tanpa Tebusan

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah kejadian yang mengejutkan industri crypto, seorang hacker yang berhasil membobol sistem keamanan Munchables, sebuah platform game berbasis Ethereum, memutuskan untuk mengembalikan dana curian senilai $62,5 juta tanpa meminta tebusan apapun. Kejadian ini tidak hanya mengejutkan komunitas crypto tetapi juga menimbulkan berbagai spekulasi mengenai motivasi di balik tindakan tak terduga tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembobolan yang Mengejutkan

pembobolan hacker munchables
Sumber: Akun X Munchables

Hacker tersebut berhasil mengeksploitasi sistem kontrak game Munchables, mengakibatkan kehilangan sekitar 17.414 ETH, yang setara dengan hampir $62,5 juta. Kejadian ini terungkap setelah investigasi mendalam oleh para ahli keamanan siber, termasuk ZachXBT, yang menemukan koneksi antara empat alamat yang terlibat dalam eksploitasi Munchables.

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa eksploitasi ini berasal dari kerentanan dalam kontrak pintar platform, yang memungkinkan pengembang untuk menetapkan saldo yang tidak wajar tingginya pada akun mereka. Dengan memanipulasi kemampuan upgrade, mantan pengembang berhasil menghindari proses validasi transaksi normal.

Baca Juga: Hacker Jual Akses ‘Subpoena’ untuk Data Pengguna Discord, Binance, dan Coinbase

Pengembalian Dana Tanpa Syarat

pengembalian dana munchables
Sumber: Akun X Pacman

Dalam sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, hacker tersebut memulai proses pengembalian semua aset yang dicuri ke kontrak multisig. Ia juga mengembalikan penyediaan kunci privat yang diperlukan untuk memulihkan dana pengguna. Tindakan ini, yang masih diselimuti misteri, telah memicu gelombang spekulasi mengenai motivasi di balik perubahan hati hacker.

Munchables mengumumkan bahwa pengembang tersebut telah setuju untuk membagikan kunci untuk seluruh dana Munchables tanpa syarat apapun. Semua dana pengguna dinyatakan aman, dan semua hadiah terkait Blast akan didistribusikan juga. Pembaruan lebih lanjut diharapkan dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga: Berani Curi Bitcoin? Zengo Tantang Hacker Rebut Hadiah Miliaran Rupiah!

Proses Pengembalian Dana kepada Pengguna

Munchables telah memulai proses pengembalian dana kepada pengguna yang terdampak. Sebuah kolam kas kompensasi telah dialokasikan bagi pengguna yang memiliki Ethereum agar mereka dapat mulai mengklaim deposit mereka. Pengguna diminta untuk menghubungkan dompet mereka dan menyelesaikan proses verifikasi.

Semua pengguna harus mengklaim kembali dana yang disimpan dalam waktu 48 jam ke depan. Munchables menenangkan penggunanya dengan menyatakan, “Jangan panik,” menunjukkan komitmen mereka untuk memastikan semua pengguna mendapatkan kembali dana mereka.

Insiden ini, sambil menyoroti risiko yang ada dalam sektor DeFi, juga mencerminkan pentingnya kewaspadaan komunitas dan potensi untuk penebusan. Saat Munchables pulih dari cobaan ini, hal tersebut mengingatkan investor tentang kerapuhan protokol DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: