Bank Ghana Luncurkan Hackathon eCedi, Inovasi Baru di Dunia Crypto!

Bank Ghana Luncurkan Hackathon eCedi, Inovasi Baru di Dunia Crypto!

Bank Ghana, bank sentral negara tersebut, baru-baru ini meluncurkan hackathon eCedi. Inisiatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi potensi penggunaan mata uang digital bank sentral (CBDC). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Hackathon eCedi: Langkah Baru dalam Penelitian CBDC

hacktahon ecedi
Sumber: Akun X Bank of Ghana

Bank Ghana telah memperkenalkan hackathon eCedi dalam kemitraan dengan EMTECH. Hackathon ini akan berlangsung selama 12 minggu dan bertujuan untuk mengumpulkan tim yang terdiri dari programmer, desainer, insinyur, dan berbagai ahli keuangan. Solusi yang mereka hasilkan diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan CBDC.

Salah satu tujuan bank dari hackathon ini adalah untuk memfasilitasi pengetahuan tentang CBDC. Selain itu, Bank Ghana, bank lainnya, dan penyedia layanan pembayaran akan memberikan kesempatan untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan organisasi dan pengembang perangkat lunak lainnya yang bekerja di domain CBDC.

Baca Juga: Hackathon Harvard Vechain x EasyA: Membangun Gelombang Baru Aplikasi di Dunia Crypto!

Inovasi yang Diharapkan dari Hackathon

inovasi yang diharapkan dari hackathon
Sumber: Microsoft

Menurut bank, inovasi yang diusulkan diharapkan dapat memanfaatkan token eCedi dan API untuk membuat prototipe solusi atau mengembangkan alat yang dapat menangani kasus penggunaan berikut: pembayaran online dan transaksi offline di daerah dengan koneksi internet terbatas.

Sebelumnya pada tahun 2023, dilaporkan bahwa uji coba telah dilakukan di tiga lokasi, termasuk Accra dan Tarkwa, di mana berbagai kasus penggunaan untuk pembayaran online telah dieksplorasi dengan memeriksa bagaimana eCedi dapat memfasilitasi transaksi digital di daerah tersebut.

Baca Juga: Hackathon XRPL Terbaru Segera Dimulai, Kesempatan Bagi Pengembang Menciptakan Solusi Inovatif

Kolaborasi dengan EMTECH dalam Hackathon

Hackathon ini dilakukan dalam kolaborasi dengan EMTECH Solutions Inc, sebuah perusahaan solusi CBDC yang telah menjadi mitra utama Bank Ghana dalam proses CBDC. Pendaftaran akan ditutup pada 20 Oktober 2023 menurut pengumuman dari Bank Ghana.

Dengan peluncuran hackathon eCedi ini, Bank Ghana berharap dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang CBDC, serta mendorong inovasi dalam penggunaan mata uang digital ini. Ini adalah langkah penting dalam penelitian dan pengembangan CBDC di Ghana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: