Gucci Gandeng Perusahaan Dibalik BAYC untuk Perluas Pengalaman Metaverse

author:

Gucci Gandeng Perusahaan Dibalik BAYC untuk Perluas Pengalaman Metaverse

Setelah brand fashion Balmain mengumumkan inisiatif Web3 barunya, kini bertambah satu lagi brand fashion populer yang terjun ke dunia Web3.

Baru-baru ini, Coindesk (27/3/23) melaporkan bahwa perusahaan fashion populer, Gucci, mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan penerbit NFT Yuga Labs, perusahaan di balik koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC), untuk membawa fashion digital mewah ke dalam Metaverse.

Seperti apa rencana dari kemitraan ini? Jangan lewatkan jawabannya di bawah ini!

Gucci Bereksplorasi di Metaverse

Sumber: Twitter

Dalam cuitan akun Twitter Guci yang diunggah pada 27 Maret 2023, Gucci mengumumkan berencana untuk mengeksplorasi Metaverse bersama Yuga Labs, sebuah perusahaan dibalik koleksi NFT BAYC.

Menurut laporan dari Business of Fashion, Gucci dan Yuga Labs telah menandatangani kemitraan multiyear untuk berkolaborasi dalam Metaverse Otherside milik Yuga Labs dan koleksi 10KTF, yang bermaksud memperluas peluang bersama antara fashion dan hiburan Web3.

Terkait ini, Robert Triefus, selaku kepala proyek Metaverse Gucci, mengatakan, “Kami sangat senang dapat memperkenalkan kemitraan ini dengan Yuga Labs, pemimpin dan pelopor kreatif di Web3.”

Baca juga: Gak Cuma NFT, Magic Eden Fokus ke Web3 Dengan Luncurkan Web3 Games Collective (W3GC)!

Kerja sama Gucci dan Yuga Labs

Gucci dan Yuga Labs
Sumber: Watcher Guru

Dilansir dari Bein Crypto (27/3/23), sebelum kerja sama terbaru ini, pada tahun lalu, Gucci telah meluncurkan proyek “Gucci Grail” dengan Yuga Labs. Pada saat itu, Gucci berkolaborasi dengan “pengrajin digital”, Wagmi-san, untuk mendesain aksesori dan pakaian yang dapat digunakan untuk mempersonalisasi NFT.

Dan di kemitraan kali ini, kolaborasi antara Gucci dan Yugas Labs akan meluas ke Otherside, dunia virtual dan game bertema Bored Ape. Menurut laporan, rencana jangka panjang Gucci adalah membangun komunitas Web3 yang diyakini akan menumbuhkan lebih banyak loyalitas pelanggan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi brand fashion populer tersebut.

Michael Figge, Chief Creative Officer dari Yuga Labs berkomentar, “Kami berharap dapat menunjukkan bagaimana kemitraan ini meluas ke berbagai peluang yang tak terbatas.”

Dengan kabar terbaru ini, Gucci menjadi salah satu dari sejumlah brand fashion yang menguji coba Web3. Hingga saat ini, beberapa brand telah belajar bahwa mereka dapat mengembangkan basis pelanggan mereka dengan menggunakan NFT untuk memikat pembeli muda.

Perjalanan Gucci di Web3

Gucci di Web3
Sumber: The Block

Bukan hal baru, Coindesk mengatakan bahwa sebelumnya Gucci telah mengambil langkah ke Web3 pada Februari 2022, di mana perusahaan ini membeli sejumlah tanah yang dirahasiakan di game Metaverse The Sandbox untuk bereksperimen dengan rencana menyelenggarakan pengalaman virtual.

Pada Juni 2022 lalu, Gucci dikabarkan membeli token asli pasar NFT SuperRare senilai $25,000 untuk berpartisipasi dalam organisasi otonom yang terdesentralisasi dan membuka brankas seni digital.

Tidak hanya itu, kabar terbaru datang dari Decrypt (28/3/23) yang membeberkan bahwa Gucci dan beberapa brand fashion mewah lainnya, seperti Dolce & Gabbana, Balmain, Coach, dan Tommy Hilfiger, turut berpartisipasi dalam acara Metaverse Fashion Week yang diadakan oleh Decentraland pada 28 hingga 31 Maret 2023, dengan cara memamerkan produk digital mereka.

Ingin tau lebih lanjut keseruan Metaverse Fashion Week? Simak selengkapnya di Decentraland Kembali Hadirkan Metaverse Fashion Week 2023! Tertarik Ikutan?


Referensi: