Dolar AS Makin Perkasa Berkat Crypto, Ini Kata Gubernur The Fed!

Dolar AS Makin Perkasa Berkat Crypto, Ini Kata Gubernur The Fed!

Di tengah gempuran inovasi keuangan digital, dolar Amerika Serikat (AS) tampaknya semakin mengukuhkan posisinya sebagai mata uang cadangan global. Ironisnya, perkembangan pesat di sektor crypto, khususnya stablecoin yang mayoritas terikat pada dolar, justru berperan penting dalam memperkuat dominasi mata uang Paman Sam ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Stablecoin: Penguat Dominasi Dolar

Stablecoin, yang hampir 99% dari total kapitalisasinya terikat pada dolar AS, menjadi kunci dalam menjaga supremasi dolar di kancah global. Gubernur Federal Reserve, Christopher Waller, menekankan bahwa meskipun ada kekhawatiran mengenai potensi crypto menggoyahkan dominasi dolar, kenyataannya justru sebaliknya.

Penggunaan stablecoin dalam perdagangan DeFi (Decentralized Finance) menunjukkan bahwa ekspansi di dunia DeFi cenderung memperkuat posisi dolar. Dengan dua stablecoin terbesar, Tether (USDT) dan USD Coin (USDC), mendominasi pasar, dolar AS semakin menjadi mata uang utama dalam transaksi crypto.

Baca Juga: Stablecoin Berbunga Pertama di AS, Terobosan atau Risiko?

DeFi: Masa Depan Keuangan yang Mendukung Dolar

stablecoin dan crypto
Waller berbicara pada konferensi Iklim, Mata Uang, dan Perbankan Sentral di Nassau, Bahama. Sumber: Facebook

DeFi, yang berkembang pesat dengan dukungan stablecoin, memberikan wawasan baru tentang masa depan keuangan. Waller menegaskan bahwa meskipun ada potensi pergeseran dari penggunaan dolar ke mata uang digital, retorika mengenai penurunan status dolar sebagai mata uang cadangan global terasa berlebihan.

Perkembangan terkini, yang seharusnya mengancam dominasi dolar, justru memperkuatnya. Sektor stablecoin, yang berperan penting dalam perdagangan crypto, diperkirakan akan terus berkembang, bahkan mungkin mencapai nilai triliunan dolar dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: Transfer Stablecoin Blockchain Solana Cetak Rekor, Tembus $300 Miliar!

Kekuatan Ekonomi AS dan Kepentingan Kebijakan Luar Negeri

Kekuatan dolar sangat vital bagi ekonomi AS dan kepentingan kebijakan luar negerinya. Meskipun banyak penggemar crypto yang mendukung pengurangan dominasi moneter pemerintah, penggunaan stablecoin yang terikat pada dolar justru menguntungkan posisi AS di panggung global.

Dengan semakin banyaknya transaksi yang menggunakan stablecoin, dolar AS tidak hanya mempertahankan, tetapi bahkan mungkin memperluas pengaruhnya dalam sistem keuangan global. Ini menunjukkan bagaimana inovasi di sektor crypto dapat berdampak positif terhadap mata uang tradisional.

Kesimpulan

Meskipun terdapat kekhawatiran mengenai potensi crypto dalam menggoyahkan kedudukan dolar AS, penggunaan luas stablecoin yang terikat pada dolar justru memperkuat posisi mata uang ini. Dengan dukungan dari sektor DeFi yang terus berkembang, dolar AS tampaknya akan terus memegang kendali sebagai mata uang cadangan global utama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi