Gubernur Bank Korea Serukan Aksi Cepat untuk CBDC!

author:

Gubernur Bank Korea Serukan Aksi Cepat untuk CBDC!

Korea Selatan tengah berada di ambang revolusi digital dengan Gubernur Bank of Korea, Lee Chang-yong, yang menyerukan tindakan segera terkait mata uang digital bank sentral (CBDC). Dalam konferensi internasional yang baru-baru ini digelar, Lee menekankan bahwa penelitian CBDC tidak bisa lagi ditunda mengingat munculnya stablecoin yang mulai digunakan secara luas.

Keseriusan Bank of Korea Terhadap CBDC

Lee Chang-yong, dalam pidatonya di konferensi “2023 MOEF-BOK-FSC-IMF International Conference on Digital Money”, menegaskan bahwa CBDC kini menjadi sebuah proyek riset yang mendesak.

Baca juga: Ripple Ungkap Potensi Besar CBDC Melalui Perilisan White Paper!

Bank of Korea sendiri masih belum memutuskan untuk menerbitkan CBDC, namun Lee menyoroti kompleksitas dan perencanaan yang diperlukan dalam pengembangannya.

“Stablecoin yang baru-baru ini mulai diterbitkan membuat CBDC menjadi sebuah proyek yang tidak bisa ditunda lagi dari perspektif bank sentral,” ujar Lee.

Lee juga mengungkapkan kekhawatirannya terhadap stabilitas sistem pembayaran digital jika stablecoin menjadi metode pembayaran yang mapan. Ia mempertanyakan apakah sistem tersebut akan beroperasi dengan stabil tanpa adanya CBDC.

Komentar tersebut menunjukkan urgensi yang dirasakan oleh Bank of Korea dalam menanggapi perkembangan terkini di dunia crypto.

Regulasi dan Inovasi: Menemukan Keseimbangan

cbdc inklusif
Sumber: PYMNTS

Sehari sebelum Lee berbicara, Kim So-young, Wakil Ketua Komisi Jasa Keuangan, menekankan pentingnya regulasi yang seimbang. Dalam konferensi yang sama, Kim menyoroti perlunya perlindungan investor seiring dengan dorongan inovasi.

Baca juga: Bank Sentral Italia dan Korea Selatan Jalin Kerjasama dalam Pengembangan CBDC

“Kami harus menemukan keseimbangan antara melindungi investor dan mendorong inovasi,” kata Kim.

Korea Selatan telah mengambil langkah awal dengan mengesahkan undang-undang yang mengatur aset virtual. Regulasi ini diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi investor dan dijadwalkan akan berlaku mulai Juli 2024.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Korea Selatan untuk memprioritaskan inovasi sambil memastikan keamanan dan kestabilan sektor keuangan.

Dengan urgensi yang disuarakan oleh Gubernur Bank of Korea dan penekanan pada regulasi yang seimbang oleh Wakil Ketua Komisi Jasa Keuangan, Korea Selatan tampaknya sedang bersiap untuk memasuki era baru dalam sistem keuangan digital.

CBDC dan crypto menjadi topik yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga membutuhkan tindakan yang cermat dan terencana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: