Grayscale Tarik Aplikasi ETF Ethereum Futures, Ada Apa?

Grayscale Tarik Aplikasi ETF Ethereum Futures, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Grayscale Investments mengejutkan publik dengan menarik pengajuan 19b-4 untuk Ethereum futures exchange-traded fund (ETF), hanya tiga minggu sebelum regulator sekuritas dijadwalkan membuat keputusan. Manajer aset kripto ini mengajukan pemberitahuan penarikan Grayscale Ethereum Futures Trust kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada 7 Mei. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan Penarikan Tetap Tidak Jelas

Alasan di balik penarikan Grayscale tidak segera jelas. Perusahaan manajemen aset mengajukan ETF Ethereum Futures ini pada September 2023, tak lama setelah meraih kemenangan hukum atas SEC terkait ETF Bitcoin spot.

Analis industri percaya Grayscale bertujuan menggunakan aplikasi ETF berjangka Ethereum untuk mendukung upayanya mendapatkan tempat di ETF Ethereum spot. Namun, Seyffart menduga SEC mungkin telah memberi tahu Grayscale, yang mungkin memengaruhi keputusan penarikan.

Menurut Seyffart, Grayscale bisa jadi melindungi tujuan utamanya untuk mengamankan persetujuan ETF spot. Ia berspekulasi bahwa SEC dapat memilih untuk menyetujui ETF Ethereum Futures sambil menolak ETF spot, yang berpotensi memengaruhi peluang keberhasilan Grayscale. Penarikan terjadi sesaat sebelum SEC diharuskan memutuskan aplikasi Grayscale, menambah intrik seputar motivasi perusahaan.

Baca Juga: Market Merah Merona, Kenapa Crypto Turun Hari Ini (8/5/24)?

Spekulasi Meningkat Seputar Potensi Keputusan SEC

spekulasi keputusan sec
Sumber: Akun X James Seyffart

Keputusan SEC tentang ETF Ethereum Futures Grayscale diharapkan pada 30 Mei. Analis ETF Bloomberg James Seyffart dan Eric Balchunas memperkirakan bahwa aplikasi ETF Ethereum spot memiliki peluang persetujuan 25%, turun dari kemungkinan 70% yang diadakan awal tahun ini.

Pengamat sekarang berspekulasi bahwa kekhawatiran tentang iklim regulasi memengaruhi keputusan Grayscale untuk menarik diri. Saat ini, SEC sedang meneliti jalan untuk mengklasifikasikan Ethereum sebagai kontrak investasi.

Klasifikasi seperti itu akan memperkuat pendirian SEC terhadap produk investasi berbasis Ethereum. Ini dapat memengaruhi calon penerbit, termasuk BlackRock, Fidelity Investments, dan Bitwise, yang juga sedang mencari persetujuan untuk ETF Ethereum.

Baca Juga: Pewaris Cartier Ditangkap karena Pencucian Uang Menggunakan Kripto

Tenggat Waktu Mendekati untuk Aplikasi ETF Ethereum Spot

SEC akan membuat keputusan tentang aplikasi ETF Ethereum spot VanEck pada 23 Mei. Selain itu, ARK 21Shares dan Hashdex memiliki tenggat waktu yang ditetapkan masing-masing pada 24 Mei dan 30 Mei.

Tenggat waktu berikutnya untuk Grayscale, Invesco Galaxy, BlackRock, dan Fidelity dijadwalkan pada bulan-bulan berikutnya. Terlepas dari tenggat waktu yang berbeda-beda ini, para ahli industri percaya SEC dapat memilih untuk mengumumkan keputusannya pada semua aplikasi secara bersamaan, mengikuti pendekatan yang digunakan untuk ETF Bitcoin spot pada Januari.

Kesimpulan

Penarikan mengejutkan Grayscale atas aplikasi ETF Ethereum Futures menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi. Alasan di balik keputusan ini masih belum jelas, tetapi analis percaya bahwa Grayscale mungkin mencoba melindungi peluangnya untuk mendapatkan persetujuan ETF Ethereum spot.

Sementara itu, SEC menghadapi tenggat waktu yang semakin dekat untuk membuat keputusan tentang beberapa aplikasi ETF Ethereum spot, dan keputusannya akan berdampak signifikan pada lanskap investasi kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi