Heboh! Grayscale Mundur dari ETF Ethereum Futures, Apa yang Terjadi?

author:

Heboh! Grayscale Mundur dari ETF Ethereum Futures, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Grayscale Investments, perusahaan pengelola aset kripto terbesar di dunia, mengejutkan publik dengan menarik pengajuan permohonan ETF Ethereum futures yang diajukan melalui Formulir 19b-4.

Langkah ini diambil hanya tiga minggu sebelum regulator sekuritas AS, Securities and Exchange Commission (SEC), dijadwalkan membuat keputusan.

Penarikan Pengajuan ETF Ethereum Futures Grayscale

Baca juga: Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

Penarikan pengajuan ETF Ethereum futures oleh Grayscale menambah kerumitan dalam perjalanan panjang menuju daftar ETF spot di Amerika Serikat. Keputusan ini diambil setelah Grayscale memenangkan gugatan terhadap SEC untuk ETF spot Bitcoin.

Menurut analis senior ETF Bloomberg, James Seyffart, langkah ini bisa jadi taktik untuk melindungi tujuan utama mereka, yaitu pengajuan ETF Ethereum.

Ia menilai SEC mungkin mengizinkan ETF futures untuk didirikan guna memenuhi permintaan investor terhadap eksposur Ethereum, sementara ETF spot mungkin ditolak.

Dampak Penarikan Pengajuan ETF Ethereum Futures Grayscale

grayscale etf bitcoin
Sumebr: The Block

Penarikan pengajuan ETF Ethereum futures oleh Grayscale semakin memperumit jalan menuju daftar ETF spot di Amerika Serikat.

Keputusan ini mengejutkan karena SEC dijadwalkan membuat keputusan akhir tentang ETF Ether futures Grayscale pada 30 Mei.

Grayscale awalnya mengajukan permohonan 19b-4 untuk ETF Ether futures pada 19 September 2023, yang akan dicatatkan di Bursa Efek New York (NYSE) jika disetujui. Namun, kini Grayscale menarik pengajuan tersebut tanpa alasan yang jelas.

Baca juga: Grayscale Luncurkan Dana Kripto Baru dengan Imbalan Staking

Peluang Persetujuan ETF Spot Ethereum

Optimisme terhadap persetujuan SEC untuk produk semacam itu telah berkurang selama beberapa bulan terakhir.

Misalnya, analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, telah menurunkan perkiraannya tentang peluang persetujuan ETF spot Ethereum pada akhir Mei dari sekitar 70% menjadi 25%.

Tenggat waktu untuk aplikasi ETF spot Ethereum sebelum SEC. Sumber: James Seyffart

SEC harus membuat keputusan tentang aplikasi VanEck pada 23 Mei, sementara ARK 21Shares dan Hashdex memiliki tenggat waktu akhir pada 24 Mei dan 30 Mei. Pengajuan dari Grayscale, Invesco Galaxy, BlackRock, dan Fidelity harus dilakukan pada bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Namun, banyak pakar industri memperkirakan regulator sekuritas akan membuat keputusan tentang semua atau sebagian besar pemohon dengan cara yang sama seperti yang dilakukannya dengan ETF spot Bitcoin pada bulan Januari.

Secara keseluruhan, penarikan pengajuan ETF Ethereum futures oleh Grayscale menjadi langkah mengejutkan yang menambah ketidakpastian dalam pasar kripto.

Keputusan ini berpotensi mempengaruhi persetujuan ETF spot Ethereum dan menimbulkan pertanyaan tentang strategi Grayscale dalam menghadapi regulasi SEC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: