Grayscale Solana Trust Melambung 869%, Apa Alasannya?

author:

Grayscale Solana Trust Melambung 869%, Apa Alasannya?

Dalam ranah investasi crypto, Grayscale Solana Trust (GSOL) menjadi sorotan utama dengan kenaikan harga yang mencapai premium 869%. Fenomena ini menandakan adanya peningkatan ketertarikan yang signifikan dari investor institusional terhadap Solana. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Kenaikan Harga Grayscale Solana Trust

grayscale solana trust melambung
Sumber: Twitter

Menurut cuitan BitMEX Research, Grayscale Solana Trust (GSOL) mencatatkan peningkatan harga yang sangat signifikan. Saham GSOL diperdagangkan dengan harga $202, naik dari $87 di awal bulan. Dengan SOL berada di $59 pada 11 November 2023 dan trust memegang 0,38 SOL per saham, ini menunjukkan premium yang sangat tinggi sebesar 869%.

Baca juga: BlackRock Tantang SEC: Tak Ada Alasan Bedakan ETF Spot dan Futures Crypto!

Lebih lanjut, kenaikan ini menandakan adanya peningkatan minat dari investor institusional untuk mendapatkan eksposur ke Solana. Trust cryptocurrency milik Grayscale telah menjadi metode utama bagi lembaga keuangan di AS untuk mengakses crypto, karena memungkinkan mereka mendapatkan eksposur ke aset digital melalui jalur keuangan tradisional.

Namun, berbeda dengan dana yang diperdagangkan di bursa, kepemilikan dalam Grayscale trusts tidak secara langsung melacak nilai pasar saham dari trusts, yang mengarah ke premium harga dan diskon dalam produk.

Aspirasi ETF Grayscale

Meskipun saham Grayscale Trust saat ini tidak dapat ditebus, banyak yang percaya bahwa hal ini akan segera berubah. Grayscale pertama kali mengajukan permohonan untuk mengubah Bitcoin Trust-nya menjadi Bitcoin exchange-traded fund pada Oktober 2021, tetapi ditolak oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Baca juga: Naik 26% dalam 24 Jam, Harga Solana Tembus Rekor Tertinggi! Apa yang Mendorong Kenaikan Ini?

Meski begitu, Pengadilan Banding Distrik Columbia AS berpihak pada banding Grayscale pada Agustus, dengan memutuskan bahwa Bitcoin Trust Grayscale “serupa secara material” dengan ETF berjangka yang sebelumnya disetujui oleh SEC.

Bulan lalu, SEC memutuskan untuk tidak banding terhadap keputusan pengadilan sebelum batas waktu Oktober berakhir, memicu spekulasi bahwa konversi ETF-nya mungkin segera berjalan dan membuka jalan bagi Trusts Grayscale lainnya untuk menjalani restrukturisasi serupa.

Dengan kenaikan harga yang signifikan dan potensi konversi ETF, Grayscale Solana Trust menunjukkan potensi yang menjanjikan bagi investor crypto. Namun, seperti investasi lainnya, selalu penting untuk melakukan penelitian yang cermat dan memahami risiko sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: