Terobosan Baru di Dunia Crypto: Grayscale Siap Ubah GBTC Menjadi ETF Bitcoin!

author:

Terobosan Baru di Dunia Crypto: Grayscale Siap Ubah GBTC Menjadi ETF Bitcoin!

Grayscale, perusahaan di balik Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), baru saja mengumumkan pembaruan signifikan yang bisa membuka jalan bagi GBTC menjadi ETF Bitcoin spot pertama. Ini adalah langkah yang bisa mengguncang pasar crypto dan membuka peluang investasi baru bagi jutaan orang.

Grayscale Mengoptimalkan GBTC

Dalam persiapan untuk konversi GBTC menjadi ETF Bitcoin spot, Grayscale telah melakukan pembaruan besar pada perjanjian trust mereka. Pembaruan ini, yang pertama sejak tahun 2018, bertujuan untuk memperkuat struktur GBTC.

Baca juga: Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

Perubahan ini mencakup metode pengumpulan biaya manajemen yang kini dilakukan setiap hari, bukan bulanan. Perubahan lain yang penting adalah penggabungan aset dalam akun omnibus. Langkah ini diharapkan dapat mempermudah proses penciptaan dan penebusan saham. Ini adalah komponen kunci dari ETF dan sudah menjadi bagian dari layanan Coinbase Custody, yang juga digunakan oleh pesaing lain seperti produk iShares dari BlackRock.

Keuntungan dan Risiko bagi Pemegang Saham

Grayscale menjamin bahwa pembaruan ini tidak akan menimbulkan biaya tambahan bagi pemegang saham. Mereka juga didorong untuk mendukung proposal ini yang dapat membawa efisiensi operasional. Meskipun demikian, pembaruan ini bersifat opsional untuk konversi GBTC menjadi ETF Bitcoin spot.

Namun, ada beberapa kemungkinan kerugian, seperti biaya yang lebih tinggi dan pembayaran biaya yang lebih sering. Ada juga risiko kecil terkait dengan penggabungan aset jika disimpan dalam akun omnibus. Meski begitu, sebagian besar aset masih akan disimpan dalam akun kustodian terpisah.

Baca juga: Whale Crypto Misterius Ini Mengumpulkan 12.000 BTC Senilai Rp7 Miliar dalam Sebulan!

Perlombaan Menuju Persetujuan ETF

grayscale etf bitcoin

Perlombaan untuk mendapatkan persetujuan ETF semakin memanas. BlackRock baru-baru ini bertemu dengan divisi Trading and Markets SEC, mengusulkan model baru untuk aliran penebusan. Divisi ini bertanggung jawab atas persetujuan atau penolakan aplikasi ETF.

Analisis dari para ahli menunjukkan probabilitas tinggi, sekitar 90%, bahwa persetujuan untuk ETF Bitcoin spot akan terjadi pada Januari mendatang. Ini menandakan periode transformasi yang mungkin terjadi di ruang crypto.

Dengan langkah strategis Grayscale dan persaingan yang semakin ketat, dunia crypto mungkin akan menyaksikan perubahan besar dalam waktu dekat. Apakah GBTC akan menjadi ETF Bitcoin spot pertama?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: