Grayscale Membuat Langkah Besar dengan Mengonversi Ethereum Trust ke ETF Spot

author:

Grayscale Membuat Langkah Besar dengan Mengonversi Ethereum Trust ke ETF Spot

Grayscale, salah satu pengelola aset crypto terbesar di dunia, telah mengajukan permohonan kepada Securities and Exchange Commission (SEC) untuk mengonversi Grayscale Ethereum Trust menjadi ETF spot Ethereum. Langkah ini menandai ambisi besar Grayscale untuk memperluas cakupan produk investasi crypto mereka.

Konversi Grayscale Ethereum Trust

Grayscale telah mengajukan permohonan kepada SEC untuk mengonversi Grayscale Ethereum Trust (ETHE) menjadi ETF spot Ethereum melalui New York Stock Exchange (NYSE) Arca.

Baca juga: Grayscale Kembali Mengajukan Ethereum Futures ETF, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Grayscale Ethereum Trust adalah kendaraan investasi ETH terbesar di dunia, mencakup 2,5% dari total ETH yang beredar, dengan nilai hampir $5 miliar.

CEO Grayscale, Michael Sonnenshein, menganggap konversi ini sebagai langkah penting untuk mendekatkan Ethereum ke dalam perimeter regulasi AS.

Dampak dan Harapan dari Konversi

Saat ini, saham ETHE diperdagangkan dengan diskon hingga 30% terhadap Nilai Aset Bersih (NAV). Namun, dengan pengajuan oleh NYSE Arca, diskon ini diharapkan akan menyusut.

Dengan struktur ETF, saham ETHE akan dapat ditukar langsung dengan ETH yang mendasarinya. Hal ini kemungkinan akan menyamakan nilai aset bersih dan nilai saham.

Setelah pengumuman konversi, saham ETHE mengalami kenaikan sebesar 6,15% dalam sehari.

Langkah Grayscale Selanjutnya dan Tantangan Regulasi

grayscale bitcoin etf
Sumber: Forbes

Meskipun Grayscale telah berjuang panjang untuk mengonversi Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF spot Bitcoin, upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Baca juga: UBS Gandeng Ethereum untuk Uji Coba Dana Pasar Uang Bertokenisasi

Grayscale adalah salah satu dari banyak perusahaan yang mengajukan permohonan untuk ETF Ethereum berbasis futures bulan lalu, yang didukung oleh kontrak futures yang diselesaikan dengan tunai daripada ETH asli.

Kemenangan besar di pengadilan terhadap SEC pada bulan Agustus 2023 meningkatkan kepercayaan di antara Grayscale dan pesaingnya bahwa SEC mungkin akan mengizinkan ETF spot Bitcoin untuk terdaftar di pasar AS.

Dengan langkah berani Grayscale untuk mengonversi trust Ethereum mereka menjadi ETF spot, dunia crypto menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat bagaimana SEC akan merespons. Apapun hasilnya, ini menandai era baru dalam evolusi produk investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: