Grayscale Mengejutkan Pasar dengan ETF Spot Bitcoin Baru Berbiaya Rendah

Grayscale Mengejutkan Pasar dengan ETF Spot Bitcoin Baru Berbiaya Rendah

Jakarta, Pintu News – Perusahaan mata uang kripto terbesar, Grayscale, baru saja membuat langkah mengejutkan setelah mengalami arus keluar yang besar dari dananya. Grayscale, yang dikenal sebagai penyedia ETF Bitcoin terkemuka, telah mengumumkan rincian dana anak perusahaan barunya, Bitcoin Mini Trust (BTC).

Menurut pengajuan terbaru, dana tersebut menonjol dengan biaya kompetitif sebesar 0,15%, yang secara signifikan lebih rendah daripada biaya 1,5% yang dibebankan oleh produk induknya, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Simak berita lengapnya berikut ini!

Grayscale Luncurkan ETF Spot Bitcoin Baru dengan Biaya Rendah

Dalam pengajuan tersebut, Grayscale juga mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan 63.204 Bitcoin ke dalam dana mini tersebut, yang setara dengan 10% dari aset GBTC saat ini. Saham dari BTC trust akan secara otomatis diterbitkan dan didistribusikan kepada pemegang saham GBTC.

Menurut pernyataan resmi, Bitcoin Mini Trust dirancang untuk menawarkan kepada investor GBTC pilihan yang lebih terjangkau dan lebih kompetitif dengan ETF Bitcoin lainnya yang telah disetujui awal tahun ini.

Yang penting, spin-off tersebut dianggap sebagai peristiwa yang tidak kena pajak bagi pemegang saham GBTC yang ada, yang berarti mereka tidak perlu membayar pajak capital gain untuk mentransfer ke dana baru.

Baca Juga: ETF Bitcoin BlackRock Capai 69 Hari Aliran Masuk di Hari Halving pada 20 April 2024!

Biaya ETF Spot Bitcoin Terendah di Pasar

GBTC, yang diluncurkan melalui penempatan pribadi lebih dari satu dekade lalu, mulai diperdagangkan secara publik secara over-the-counter pada pertengahan 2015. Hal ini berlanjut hingga Januari 2024, ketika GBTC mulai diperdagangkan sebagai ETF spot Bitcoin di NYSE Arca.

biaya etf spot bitcoin terendah
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, mengomentari perkembangan tersebut: “Wow, ETF Spot Bitcoin mini GBTC akan memiliki biaya 15 bps, yang berarti Grayscale akan memiliki ETF BTC termurah di pasar. Jadi ini adalah laporan keuangan yang diperkirakan dan bersifat hipotetis.

Ini tidak berarti bahwa BTC akan menjadi 15 bps. Tetapi kabar baiknya adalah mereka harus memilih angka untuk itu dan mereka tahu orang akan menonton sehingga mereka menetapkan 15bps.”

Baca Juga: Grayscale Guncang Pasar: XRP Naik, ADA Turun!

Grayscale Berupaya Menarik Kembali Investor

etf grayscale
Sumber: Akun X Thomas

Langkah Grayscale untuk meluncurkan ETF spot Bitcoin baru dengan biaya rendah ini dilihat sebagai upaya untuk menarik kembali investor yang telah meninggalkan GBTC.

Sejak peluncuran ETF spot Bitcoin lainnya pada bulan Januari, GBTC telah mengalami arus keluar yang signifikan karena investor beralih ke opsi yang lebih kompetitif. Dengan menawarkan biaya yang lebih rendah, Grayscale berharap dapat menghentikan arus keluar tersebut dan menarik kembali investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi