Grayscale Menang atas SEC, Tapi Masa Depan ETF Bitcoin Belum Lampu Hijau?

Grayscale Menang atas SEC, Tapi Masa Depan ETF Bitcoin Belum Lampu Hijau?

Grayscale Investments, sebuah perusahaan manajemen aset kripto, baru-baru ini meraih kemenangan hukum yang bisa membuka jalan bagi peluncuran ETF Bitcoin spot pertama di AS.

Namun, meskipun kemenangan ini dilihat sebagai tonggak sejarah untuk industri, masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk apakah Grayscale perlu mengajukan ulang aplikasi mereka ke SEC. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemenangan Hukum, Tapi Bukan Lampu Hijau

Dilansir dari BeInCrypto, Michael Sonnenshein, CEO Grayscale, mengatakan, “Kami harus melihat prosedur operasional akhir yang akan dikeluarkan oleh pengadilan,” dan menambahkan, “Kami tidak akan tahu pendapat akhir sampai kita mencapai akhir periode tersebut, yaitu 45 hari dari putusan.”

Meskipun putusan pengadilan ini dilihat sebagai tamparan bagi SEC, ini bukan berarti peluncuran ETF Bitcoin spot sudah pasti. SEC sendiri mengatakan bahwa mereka sedang meninjau keputusan ini.

Baca Juga: Wow! Grayscale DeFi Fund Meluncurkan Investasi Crypto Baru yang Menjanjikan!

Reaksi Pasar dan Diskon GBTC

diskon gbtc
Sumber: BeInCrypto

Menurut BeInCrypto, saham dari Bitcoin Trust Grayscale (GBTC) melonjak 17% setelah keputusan, tetapi diskon terhadap aset dasar tetap ada sekitar 18%.

James Seyffart, analis dari Bloomberg Intelligence, mengatakan diskon ini tidak mungkin menjadi nol sampai konversi resmi terjadi. Sementara itu, Seyffart dan koleganya menaikkan peluang persetujuan ETF Bitcoin menjadi 75% setelah keputusan ini.

Baca Juga: Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Melonjak ke 75% Setelah Kemenangan Grayscale: Analis dari Bloomberg Ungkap Hal Ini!

Tantangan dan Pertanyaan yang Masih Belum Pasti

Meskipun Grayscale telah mendapatkan kesempatan lain dari SEC untuk meninjau aplikasi mereka, ini tidak secara inheren menandakan daftar pasti dari ETF Bitcoin spot. Matteo Greco, seorang analis terkemuka di Fineqia International, menekankan bahwa keputusan akhir mengenai prospek daftar Grayscale masih tertunda.

Selain itu, pasar crypto merespons positif terhadap berita Grayscale, tetapi banyak tantangan dan keputusan yang masih harus dihadapi sebelum kesimpulan pasti dapat dicapai.

Kemenangan Grayscale atas SEC adalah langkah penting menuju potensi peluncuran ETF Bitcoin spot di AS. Namun, masih ada banyak pertanyaan dan tantangan yang perlu diatasi, termasuk kebutuhan potensial untuk mengajukan ulang aplikasi dan bagaimana ini akan mempengaruhi struktur biaya GBTC, yang saat ini berada di 2%.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: