Grayscale Luncurkan ETF Bitcoin Mini, Investor Bisa Untung!

Grayscale Luncurkan ETF Bitcoin Mini, Investor Bisa Untung!

Grayscale Investments, perusahaan pengelola aset digital, baru saja mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF Bitcoin mini yang merupakan bagian dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menawarkan eksposur Bitcoin dengan biaya lebih rendah kepada para investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Grayscale Bitcoin Mini Trust: Apa Itu?

Grayscale Bitcoin Mini Trust adalah produk investasi baru yang akan menerima sejumlah Bitcoin yang dimiliki oleh GBTC. Sebagai gantinya, pemegang saham GBTC saat ini akan mendapatkan saham di Mini Trust. Pembagian saham ini akan dilakukan tanpa membebankan biaya tambahan kepada pemegang saham GBTC.

Peluncuran ETF Bitcoin mini ini merupakan respons Grayscale terhadap persaingan ketat di pasar ETF Bitcoin. GBTC, yang telah beralih dari trust menjadi ETF pada Januari lalu, memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan ETF sejenis lainnya. Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang membuat investor beralih ke ETF pesaing.

Baca Juga: Grayscale Gandeng JPMorgan dan Goldman Sachs untuk ETF Bitcoin!

Bagaimana Prospek Grayscale Bitcoin Mini Trust?

prospek grayscale bitcoin trust
Sumber: Akun X James Seyffart

Sejak Januari, GBTC telah mengalami arus keluar modal sebesar $11,05 miliar, meskipun harga Bitcoin telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan para pesaingnya mencatat arus masuk selama periode yang sama. Grayscale belum menentukan biaya yang akan dikenakan oleh Mini Trust, tetapi diharapkan biaya tersebut akan lebih rendah daripada GBTC. Setelah pemisahan, baik GBTC maupun Mini Trust akan beroperasi secara independen.

Kemenangan penting Grayscale dalam pertarungan hukum dengan Securities and Exchange Commission (SEC) pada Januari lalu telah membuka jalan bagi persetujuan ETF Bitcoin spot. ETF ini merupakan instrumen investasi yang memungkinkan pemegang saham untuk mendapatkan eksposur Bitcoin tanpa harus memegangnya secara langsung. Sejak saat itu, ETF pesaing seperti iShares Bitcoin ETF dari BlackRock dan Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund telah mencatat arus masuk masing-masing sebesar $10,59 miliar dan $6,37 miliar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi