Grayscale Kembali Mengajukan Ethereum Futures ETF, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

author:

Grayscale Kembali Mengajukan Ethereum Futures ETF, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Dalam perkembangan terbaru di dunia crypto, Grayscale Investments, salah satu perusahaan investasi mata uang digital terkemuka, telah mengajukan kembali permohonan untuk menciptakan Ethereum Futures Exchange-Traded Fund (ETF). Langkah ini menandai upaya kedua perusahaan untuk mendapatkan persetujuan ETF semacam itu. Namun, apa yang membuat berita ini begitu menarik?

Strategi Baru Grayscale untuk Ethereum Futures ETF

grayscale ethereum trust
Sumber: Crypto Potato

Pada 19 September 2023, Grayscale mengusulkan pencatatan dan perdagangan saham Grayscale Ethereum Futures Trust ETF di bawah Peraturan Arca Bursa Efek New York 8.200-E.

Baca juga: Perlombaan ETF Ethereum Dimulai: ARK Invest, VanEck, dan 21Shares Bersaing Ketat!

Proposal tersebut sesuai dengan ketentuan Securities Exchange Act of 1934 dan perubahan peraturan yang diajukan oleh NYSE kepada SEC. ETF ini dikelola oleh Grayscale Advisors, yang juga disebut sebagai “sponsor” dalam pengajuan tersebut.

“Sponsor sedang dalam proses untuk terdaftar sebagai operator kumpulan komoditas dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas dan sedang dalam proses untuk menjadi anggota National Futures Association,” tulis dokumen tersebut.

Dokumen tersebut juga menyatakan bahwa Grayscale Advisors telah melibatkan Videnct Advisory sebagai sub-penasihat untuk menjadi penasihat perdagangan komoditas trust.

Tujuan pasti dari perubahan strategi ini masih belum jelas, namun banyak yang berspekulasi bahwa Grayscale mungkin berusaha meningkatkan peluang persetujuannya.

Terlebih lagi, lima perusahaan lain juga telah memilih jalur regulasi yang sama untuk aplikasi Ethereum Futures ETF mereka.

Respons SEC dan Tantangan yang Dihadapi

Sementara itu, SEC (U.S. Securities and Exchange Commission) saat ini sedang aktif meninjau aplikasi-aplikasi ini. Ada indikasi bahwa persetujuan mungkin datang secepat Oktober 2023.

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan yang mengajukan permohonan ETF berbasis crypto adalah meningkatnya pengawasan dari SEC. Kekhawatiran utama SEC adalah kepatuhan dengan hukum, terutama mengenai sifat terfragmentasi dan tidak diatur dari pasar spot Bitcoin.

Menuru laporan, kekhawatiran SEC adalah tentang kepatuhan terhadap hukum, terutama mengenai sifat pasar spot Bitcoin yang terfragmentasi dan tidak diatur.

Baca juga: Peluncuran Testnet Holesky Ethereum Tertunda, Apa yang Terjadi?

Dampak Potensial Persetujuan Ethereum Futures ETF

Jika Grayscale berhasil mendapatkan persetujuan untuk Ethereum Futures ETF, ini bisa menjadi tonggak sejarah penting. Persetujuan semacam itu dapat membuka jalan bagi peluang investasi yang lebih luas dan mudah diakses dalam Ethereum futures, yang pada akhirnya dapat mengubah bentuk lanskap investasi crypto.

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengajukan permohonan untuk Ethereum Futures ETF, dunia crypto menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat hasil dari upaya ini. Apakah Grayscale akan berhasil kali ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: