Grayscale dan FTSE Russell Luncurkan Indeks Crypto, Begini Detailnya!

author:

Grayscale dan FTSE Russell Luncurkan Indeks Crypto, Begini Detailnya!

Grayscale Investments, pemimpin global dalam pengelolaan aset crypto, baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan FTSE Russell, penyedia indeks yang berbasis di London dan merupakan anak perusahaan dari London Stock Exchange.

Keduanya berkolaborasi untuk merilis produk yang diberi nama Crypto Sector Index Series, yang dirancang untuk membantu investor dalam memahami dan menganalisis ekosistem crypto yang terus tumbuh dan berkembang.

Memperkenalkan Crypto Sector Index Series

Crypto Sector Index Series adalah rangkaian indeks yang memantau harga dari berbagai aset digital berdasarkan kasus penggunaannya. Indeks ini mencakup berbagai grup, termasuk cryptocurrencies yang berfungsi sebagai alat tukar atau penyimpan nilai seperti Bitcoin dan Litecoin, proyek smart contract seperti Ethereum, Solana, dan Polygon, token yang mewakili layanan keuangan seperti Uniswap, Compound, dan Curve, hingga koin yang mewakili aset seni, game, dan media.

Baca juga: Ark Invest Lepas Saham Coinbase dan GBTC di Tengah Rally Bitcoin, Apa yang Terjadi?

Untuk menentukan bobot aset dalam setiap grup, indeks ini menggunakan akar kuadrat dari kapitalisasi pasar setiap cryptocurrency. Dengan metode ini, aset dengan kapitalisasi tertinggi seperti bitcoin tidak akan mendominasi seluruh grup, dan investor akan mendapatkan eksposur yang lebih beragam.

Kemitraan Strategis antara Grayscale dan FTSE Russell

kerjasama grayscale dan ftse russell

Kemitraan antara Grayscale Investments dan FTSE Russell bertujuan untuk membantu investor dalam mengkategorikan dan menganalisis ekosistem crypto. Seiring berjalannya waktu, berbagai alat dan struktur akan dibuat untuk memantau tema, risiko, dan peluang dalam kelas aset ini, sehingga memajukan keputusan investasi yang lebih berdasarkan informasi.

Michael Sonnenshein, CEO Grayscale Investments, menyatakan bahwa investor semakin tertarik untuk diversifikasi di luar aset crypto terbesar, Bitcoin dan Ethereum. Banyak yang melihat Grayscale untuk memahami kelas aset yang kuat dan berkembang ini.

Grayscale Crypto Sectors merumuskan pandangan mereka yang spesifik tentang lanskap crypto, dan mereka sangat antusias bermitra dengan FTSE Russell untuk mewujudkan kerangka kerja ini dalam bentuk indeks.

Baca juga: Grayscale Ajukan ETF Bitcoin Spot Baru di NYSE Arca!

Hambatan dan Kontroversi

Meskipun berita peluncuran ini cukup menarik, Grayscale dan FTSE Russell juga menghadapi beberapa tantangan. Minggu lalu, Jaksa Agung New York, Letitia James, mengajukan gugatan terhadap perusahaan induk Grayscale, DCG, dan anak perusahaannya lainnya, Genesis.

Gugatan ini berkaitan dengan produk Earn mereka, yang menurut NYAG telah menyesatkan publik.

Meskipun ada hambatan dan kontroversi, peluncuran Crypto Sector Index Series oleh Grayscale dan FTSE Russell ini merupakan langkah penting dalam industri crypto. Ini menunjukkan bahwa sektor ini terus berkembang dan menawarkan peluang investasi yang semakin beragam dan inovatif crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: