Grayscale Diduga Menjual Bitcoin Secara Masif, Benarkah?

Grayscale Diduga Menjual Bitcoin Secara Masif, Benarkah?

Apakah Grayscale benar-benar “membuang” Bitcoin ke pasar dan memicu kekhawatiran di kalangan investor? Artikel ini akan mengungkap fakta di balik gerakan misterius yang dilakukan oleh Grayscale, yang menimbulkan banyak spekulasi di dunia crypto.

Alasan Investor Meninggalkan GBTC

Investor mulai meninggalkan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang mengalami outflow sebesar $594 juta. Hal ini terjadi karena adanya persetujuan atas ETF spot yang membuat investor mempertimbangkan biaya manajemen tahunan GBTC sebesar 1,5%, yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

Kondisi ini diperparah dengan hilangnya diskon 40% yang sebelumnya ada, mendorong investor untuk keluar dan menyebabkan GBTC harus menjual Bitcoin guna memenuhi permintaan penebusan.

Baca Juga: Tokenisasi Utang Buruk Italia oleh Startup BlockInvest, Terobosan Baru!

Grayscale tidak secara langsung menjual Bitcoin di pasar. Penjualan saham GBTC memicu penjualan Bitcoin yang bersesuaian untuk mengelola dana tersebut. Ini bukan tindakan jahat, melainkan mencerminkan cara kerja ETF.

Mekanisme di Balik GBTC

Mekanisme di Balik GBTC

X

Scott Melker, investor crypto terkemuka, menjelaskan bahwa Grayscale tidak aktif menjual Bitcoin di pasar. Penjualan saham GBTC memicu penjualan Bitcoin yang bersesuaian untuk mengelola dana tersebut. Ini bukan tindakan jahat, melainkan mencerminkan cara kerja ETF.

Ash Crypto memprediksi bahwa tekanan jual akan berkurang dalam 1-2 minggu ke depan. Dana yang keluar dari GBTC mungkin akan beralih ke ETF spot Bitcoin lainnya. Selama transisi ini, investor disarankan untuk bersabar dan tidak membuat keputusan impulsif.

Investor, Tetap Tenang dan Bersabar!

Meskipun ada tantangan, permintaan terhadap eksposur Bitcoin melalui ETF spot tetap tinggi. Sementara $579 juta keluar dari GBTC, ada aliran masuk sebesar $1,4 miliar ke dalam ETF spot.

Setelah outflow stabil, permintaan yang tertahan ini diharapkan dapat meningkatkan harga Bitcoin. Volume perdagangan yang mengesankan, hampir $10 miliar dalam tiga hari untuk ETF Bitcoin spot, menandakan minat yang tumbuh dan pergeseran sentimen investor yang positif.

Paragraf Penutup

Dalam dunia crypto yang penuh ketidakpastian, penting bagi kamu untuk memahami dinamika yang terjadi di balik layar. Grayscale mungkin tidak “membuang” Bitcoin seperti yang dikhawatirkan banyak pihak, namun pergerakan mereka tetap memiliki dampak signifikan terhadap pasar. Sebagai investor crypto, kebijaksanaan dan kesabaran adalah kunci dalam menghadapi situasi ini.

Baca Juga: Ripple Boleh Jual XRP, Apakah SEC Akan Mengalah?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi