Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

author:

Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Grayscale, manajer dana crypto, mendesak Securities and Exchange Commission (SEC) untuk menyetujui semua proposal ETF (Exchange-Traded Funds) Bitcoin spot secara bersamaan untuk menghindari keuntungan yang tidak adil bagi salah satu pihak.

Grayscale berpendapat bahwa SEC tidak seharusnya memilih “pemenang dan pecundang”, melainkan membuat keputusan yang adil dan teratur.

Surat Grayscale ke SEC

surat terbuka grayscale untuk sec
Sumber: Twitter

Pada 28 Juli 2023 melalui sebuah cuitan Twitter, Grayscale membagikan sebuah surat terbuka terkait dengan SEC. Dalam surat yang dikirimkan oleh tim hukum Grayscale, mereka berargumen bahwa SEC seharusnya menyetujui semua ETF Bitcoin spot berdasarkan persetujuan yang telah diberikan untuk ETF Bitcoin futures, dengan alasan bahwa kedua jenis dana tersebut “terkait erat”.

Baca juga: Proses Review Dimulai, SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin BlackRock dan Lainnya

Surat tersebut juga menegaskan bahwa surveillance sharing agreements (SSA) atau perjanjian berbagi pengawasan baru-baru ini antara Coinbase dan penyedia ETF spot “bukanlah ide baru” dan mereka berpendapat bahwa perjanjian tersebut tidak akan memenuhi standar SEC.

Grayscale menambahkan bahwa SSA “tidak akan memenuhi atau diperlukan” berdasarkan standar SEC, karena Coinbase tidak terdaftar di SEC sebagai bursa efek atau broker-dealer, atau dengan Commodity Futures Trading Commission sebagai bursa berjangka. Mereka berpendapat bahwa menyetujui ETF akan menjadi “perubahan positif tetapi tiba-tiba dan signifikan” dalam penerapan standar SEC dan akan “memberikan keuntungan pertama yang tidak adil dan diskriminatif kepada proposal ini”.

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang bertujuan untuk melacak harga Bitcoin, diklaim memiliki hampir 1 juta investor. Craig Salm, Chief Legal Officer Grayscale, mengatakan bahwa jika GBTC dikonversi menjadi ETF, itu akan mengembalikan nilai miliaran dolar kepada investor, dan menambahkan bahwa “tidak ada alasan” SEC harus menjauhkan investor GBTC dari ETF Bitcoin spot.

Pendapat Grayscale tentang SSA

Grayscale berpendapat bahwa SSA tidak akan memenuhi atau diperlukan berdasarkan standar SEC. Mereka berpendapat bahwa Coinbase, sebagai penyedia layanan yang telah menandatangani SSA dengan beberapa penyedia ETF, tidak memenuhi standar SEC karena Coinbase tidak terdaftar di SEC sebagai bursa efek atau broker-dealer, atau dengan Commodity Futures Trading Commission sebagai bursa berjangka.

Menurut Grayscale, menyetujui ETF akan menjadi “perubahan positif tetapi tiba-tiba dan signifikan” dalam penerapan standar SEC dan akan “memberikan keuntungan pertama yang tidak adil dan diskriminatif kepada proposal ini”. Mereka berpendapat bahwa SEC tidak seharusnya memilih pemenang dan pecundang, melainkan membuat keputusan yang adil dan teratur.

Baca juga: Bitcoin dan Crypto Sekarang Berjalan Seirama Dengan Pasar Keuangan Tradisional: Laporan Menyeluruh oleh Grayscale

Tidak hanya itu, Grayscale juga menegaskan bahwa perjanjian berbagi pengawasan (SSA) antara Coinbase dan penyedia ETF spot “bukanlah ide baru” dan mereka berpendapat bahwa perjanjian tersebut tidak akan memenuhi standar SEC. Mereka berpendapat bahwa SSA tidak akan memenuhi atau diperlukan berdasarkan standar SEC.

Tanggapan SEC terhadap Proposal ETF

Pada akhir Juni 2023, SEC menunda keputusan tentang ETF karena tidak adanya SSA, dengan alasan bahwa mereka diperlukan karena potensi manipulasi pasar crypto. Namun, Grayscale berpendapat bahwa SSA tidak akan memenuhi atau diperlukan berdasarkan standar SEC.

SEC menolak permohonan Grayscale untuk mengubah GBTC menjadi ETF Bitcoin spot pada bulan Juni tahun lalu. Sebagai tanggapan, Grayscale menggugat regulator tersebut, dengan alasan bahwa SEC bertindak sewenang-wenang dengan gagal menerapkan perlakuan yang konsisten terhadap kendaraan investasi yang serupa.

Dalam suratnya, Grayscale menegaskan bahwa mereka percaya bahwa keputusan sebelumnya dari Komisi telah menentukan bahwa perjanjian semacam itu dengan tempat perdagangan Bitcoin spot yang tidak memiliki wewenang investigasi wajib dan pengawasan oleh regulator pasar yang komprehensif tidak memenuhi Bagian 6(b)(5) dalam ketiadaan perjanjian berbagi pengawasan dengan pasar yang signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: