Grayscale Desak SEC, Persetujuan ETF Bitcoin Akan Segera Datang!

Grayscale Desak SEC, Persetujuan ETF Bitcoin Akan Segera Datang!

Grayscale, pemimpin pasar dalam manajemen aset crypto, melalui Kepala Hukumnya, Craig Salm, mengungkapkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mungkin segera memberikan persetujuan untuk produk ETF (Exchange-Traded Funds) Bitcoin.

Salm memperkirakan bahwa persetujuan ETF dapat terjadi pada Oktober jika hakim mengeluarkan keputusan tentang gugatan Grayscale dalam waktu dekat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Grayscale Membuka Jalan untuk Persetujuan ETF TradFi Besar

grayscale tradfi
Sumber: Coinlive

Menurut Salm, beberapa perusahaan menunggu keputusan tentang aplikasi yang persetujuannya bisa dipercepat oleh kemenangan Grayscale.

Tahun lalu, Grayscale menggugat SEC karena menolak aplikasinya untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi ETF spot.

Grayscale mempekerjakan mantan pengacara Obama, Donald B. Verrilli Jr., untuk berpendapat bahwa keputusan SEC ‘sembrono dan semena-mena’ karena menolak aplikasi yang mengutip referensi harga Bitcoin yang sama seperti beberapa ETF futures Bitcoin yang disetujui.

Jika Grayscale menang, pemegang saham GBTC dapat menyelaraskan saham trust dengan nilai aset bersih Bitcoin. Bulan lalu, BlackRock, Fidelity, dan perusahaan lainnya juga mengajukan aplikasi ke SEC untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot. Selain itu, CEO BlackRock, Larry Fink, muncul di Fox News setelah aplikasi untuk mempromosikan produk tersebut.

Baca Juga: NYDIG Prediksi ETF Bitcoin Spot Berpotensi Bawa Permintaan Baru Senilai Rp450 Triliun!

Penolakan ETF Bisa Merugikan Gensler Secara Politis

Dilansir dari BeInCrypto, pndangan Salm sejalan dengan analis ETF Bloomberg, Eric Bahunas dan James Seyffert, yang baru-baru ini meningkatkan peluang peluncuran ETF Bitcoin spot tahun ini menjadi 65%.

Analis menunjukkan bahwa BlackRock dan Partai Demokrat bisa membuat penolakan ETF menjadi “tidak dapat diterima secara politis” bagi Ketua SEC, Gary Gensler.

Selain itu, Bahunas dan Seyffert Gensler menunjukkan bahwa persetujuan diam-diam SEC terhadap bisnis Bitcoin Coinbase menunjukkan sikap yang melunak. Gensler juga sebelumnya mengatakan bahwa Bitcoin bisa menjadi komoditas. Jika dikodifikasi, pandangan ini bisa menunda regulasi dan penegakan Bitcoin dari SEC.

Baca Juga: Proses Review Dimulai, SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin BlackRock dan Lainnya

Grayscale Tetap Optimis Meski SEC Lamban Menyetujui ETF

Meskipun SEC telah menyetujui produk ETF Bitcoin berbasis Futures dari ProShares dan beberapa manajer aset lainnya, ETF Bitcoin spot penuh belum disetujui. Hal ini telah meredam semangat dalam komunitas.

Namun, mengingat klaim Eric Balchunas, Analis ETF Senior untuk Bloomberg, ada “peluang sangat baik untuk mendapatkan persetujuan, dan kemungkinan besar semua peluncuran pada hari yang sama, sekitar 16 Oktober.” Meski komunitas mempertanyakan rasionalitas klaim ini, ada sejumlah pemicu yang mungkin membantu memperkuat atau mempercepat persetujuan mereka secara luas.

Sementara itu, Grayscale berhasil menghasilkan pendapatan $40 juta dari GBTC dan Trust Ethereum-nya pada Juli. Meski SEC lamban dalam memberikan persetujuan, Grayscale tetap optimis dan siap bekerja sama dengan regulator untuk mendapatkan persetujuan aplikasi ETF spot.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: