Grayscale Guncang Dunia Crypto: Desakan Baru untuk ETF Bitcoin Spot Setelah Kemenangan Pengadilan!

Grayscale Guncang Dunia Crypto: Desakan Baru untuk ETF Bitcoin Spot Setelah Kemenangan Pengadilan!


Setelah kemenangan besar di pengadilan, Grayscale Investments kini mendesak Securities and Exchange Commission (SEC) untuk segera menyetujui exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot. Dengan dukungan dari firma hukum ternama, Grayscale berusaha memastikan bahwa investor mendapatkan akses yang adil ke pasar Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemenangan Grayscale di Pengadilan dan Implikasinya

Dilansir dari Decrypt, sebuah panel tiga hakim dari U.S. Court of Appeals untuk D.C. Circuit memutuskan bahwa SEC salah menolak proposal ETF Bitcoin Grayscale tanpa memberikan penjelasan yang memadai. Keputusan ini memerintahkan SEC untuk meninjau kembali aplikasi Grayscale.

Grayscale telah berpendapat bahwa ETF Bitcoin spot yang diusulkan harus disetujui karena akan mengandalkan pengaturan pengawasan pasar yang sama dengan Chicago Mercantile Exchange (CME) yang dianggap SEC cukup untuk ETF Bitcoin futures.

Pengadilan banding setuju dengan argumen Grayscale, menegaskan bahwa SEC tidak pernah menjelaskan mengapa kedua pengaturan tersebut berbeda secara mendasar.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC, Persetujuan ETF Bitcoin Akan Segera Datang!

Manfaat ETF Bitcoin Spot dan Tantangan yang Dihadapi

ETF Bitcoin spot akan memberikan eksposur Bitcoin kepada investor mainstream tanpa harus memiliki cryptocurrency secara langsung. Namun, SEC telah menolak semua aplikasi ETF Bitcoin spot, seringkali dengan alasan potensi manipulasi pasar.

Grayscale’s Bitcoin Trust saat ini adalah dana Bitcoin terbesar dengan aset lebih dari $16 miliar. Namun, sahamnya diperdagangkan dengan diskon terhadap kepemilikan Bitcoin dana tersebut, yang menurut para pengacara menyebabkan “kerugian yang tidak dibenarkan” bagi investor.

Para pengacara berpendapat bahwa kerugian ini dapat dihindari jika trust dikonversi ke struktur ETF, dengan mengutip bahwa diskon sempit lebih dari 600 basis poin pada hari keputusan pengadilan.

Baca Juga: Kemenangan Grayscale Atas SEC: Awal Baru untuk ETF Bitcoin?

Apa Selanjutnya untuk Grayscale dan SEC?

masa depan grayscale sec
Sumber: Coinlive

Surat tersebut juga mengemukakan bahwa investor AS dipaksa ke dalam “struktur produk yang kurang efisien dan lebih rumit” daripada ETF Bitcoin spot, dengan mengacu pada aliran dana baru-baru ini ke ETF Bitcoin futures setelah keputusan pengadilan.

Grayscale telah menegaskan dalam surat komentar bahwa SEC tidak dapat memberlakukan persyaratan tambahan pada ETF Bitcoin spot di luar apa yang dianggap cukup untuk ETF Bitcoin futures.

SEC dan Grayscale memiliki waktu 45 hari untuk mengajukan banding atas keputusan pengadilan. Jika diajukan banding, kasus ini bisa sampai ke Mahkamah Agung atau didengar kembali oleh seluruh D.C. Circuit Court.

    Dengan tekanan meningkat pada SEC untuk menyetujui ETF Bitcoin spot, industri menunggu dengan penuh harapan. Keputusan apa pun yang diambil akan memiliki dampak besar pada masa depan investasi cryptocurrency.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: