Grayscale GBTC: Kisah Penjualan Besar-besaran yang Guncang Pasar Bitcoin!

Grayscale GBTC: Kisah Penjualan Besar-besaran yang Guncang Pasar Bitcoin!

Cryptocurrency Bitcoin baru-baru ini mengalami koreksi harga yang signifikan, dan ternyata ada faktor mengejutkan di baliknya. Sebuah laporan pasar dari Bitfinex mengungkapkan bahwa penjualan besar-besaran saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Exchange-Traded Fund (ETF) menjadi penyebab utama penurunan harga Bitcoin. Yuk, simak kisah lengkapnya!

FTX Jual Saham GBTC, Pasar Bitcoin Terguncang

FTX, bursa cryptocurrency yang bangkrut, ternyata memiliki peran besar dalam penjualan saham GBTC ini. FTX menjual 22 juta saham GBTC, senilai hampir $1 miliar, dalam tiga hari pertama setelah GBTC resmi menjadi ETF. Penjualan besar-besaran ini menyebabkan arus keluar dana yang signifikan dari GBTC, yang berdampak pada penurunan harga Bitcoin.

Baca Juga: Apakah Ini Pertanda Akhir? Penurunan Aliran Dana GBTC Menunjukkan Harapan!

Investor Berbondong-bondong Keluar dari GBTC

investor keluar dari gbtc
Aliran ETF spot IBIT GBTC dan BlackRock mencerminkan total aliran positif dan negatif terbesar untuk ETF spot Bitcoin. Sumber: etf.com/Bitfinex Alpha

Setelah GBTC diubah menjadi ETF, banyak investor yang ingin keluar dari dana tersebut. Dalam lima hari perdagangan terakhir, terjadi peningkatan tajam dalam arus keluar dana dari GBTC. Total dana yang ditarik oleh investor diperkirakan mencapai $2,2 miliar. Hal ini semakin memperburuk tekanan jual pada Bitcoin dan berkontribusi pada penurunan harganya.

Di tengah penjualan besar-besaran saham GBTC oleh FTX dan arus keluar dana yang tinggi, spot Bitcoin ETF menunjukkan ketahanan yang luar biasa. Spot Bitcoin ETF dengan cepat menyerap penjualan saham GBTC dari FTX tanpa menyebabkan dampak yang signifikan pada harga Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa spot Bitcoin ETF mampu meredam volatilitas harga Bitcoin dan memberikan stabilitas yang lebih baik bagi pasar.

Kesimpulan

Penjualan besar-besaran saham GBTC oleh FTX dan arus keluar dana yang tinggi dari GBTC telah menyebabkan koreksi harga Bitcoin yang signifikan. Namun, spot Bitcoin ETF berhasil menyerap penjualan saham GBTC dan memberikan stabilitas bagi pasar. Kisah ini menjadi pelajaran penting tentang dinamika pasar cryptocurrency dan pentingnya diversifikasi investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi