Terobosan Baru di Dunia Crypto: ETF Bitcoin Grayscale Segera Hadir?

Terobosan Baru di Dunia Crypto: ETF Bitcoin Grayscale Segera Hadir?

Apakah kamu siap untuk revolusi terbaru di dunia crypto? Grayscale, raksasa pengelolaan aset digital, tengah berupaya mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin. Langkah ini diharapkan dapat menghapus diskon 8,09% atau sekitar $1,89 miliar dari GBTC, sehingga nilai sahamnya akan lebih mencerminkan harga Bitcoin yang sebenarnya. Ini adalah kabar gembira bagi investor yang menantikan keselarasan harga dan keamanan investasi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Transisi GBTC: Dari OTCQX ke NYSE Arca

Craig Salm, pejabat hukum utama Grayscale, dan Edward McGee, kepala keuangan, telah mengumumkan rencana ambisius ini. Mereka menargetkan untuk memindahkan GBTC dari platform OTCQX ke bursa NYSE Arca yang lebih bergengsi. Transisi ini tidak hanya akan memperbaiki penyesuaian harga saham GBTC dengan harga Bitcoin yang sebenarnya, tetapi juga mempermudah investor untuk membuat atau menebus saham dengan cepat.

Kesuksesan transisi ini masih tergantung pada persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Jika disetujui, investor akan mendapatkan akses yang lebih efisien dan transparan ke pasar Bitcoin. Grayscale yakin bahwa langkah ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pemegang saham GBTC.

Baca Juga: Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

Regulasi M dan Implikasinya

grayscale ethereum trust
Sumber: Crypto Potato

Eric Balchunas, analis ETF dari Bloomberg, menyoroti ketergantungan strategi ini pada keringanan Regulasi M (Reg M). Dia menyebutkan bahwa SEC mungkin menggunakan Reg M untuk menghambat atau menunda proses tertentu, meskipun dia tidak mengonfirmasi hal tersebut secara langsung.

Balchunas menekankan bahwa pembicaraan tentang Reg M muncul tepat setelah pertemuan Grayscale dengan SEC, menandakan pentingnya dalam pembahasan mereka. Pengamat pasar menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat bagaimana SEC akan merespons rencana Grayscale. Jika Reg M menjadi kunci untuk transisi GBTC ke ETF, ini bisa menjadi momen penting dalam sejarah crypto. Investor dan pengamat pasar sama-sama menantikan keputusan SEC yang akan menentukan arah masa depan GBTC.

Baca Juga: Kemenangan Grayscale di Pengadilan: Apakah SEC Akan Menyetujui ETF Bitcoin Spot?

Reaksi Pasar dan Harapan Investor

Pengumuman tentang potensi transisi GBTC telah memicu peningkatan harga Bitcoin sebesar 3% dalam 24 jam terakhir. Harga Bitcoin yang saat ini berada di angka $39.481, bersamaan dengan lonjakan volume perdagangan, menunjukkan minat yang tinggi dari para trader. Ini menandakan bahwa pasar merespons positif terhadap berita ini.

Investor melihat ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan representasi nilai Bitcoin yang lebih akurat melalui GBTC. Selain itu, ETF Bitcoin juga dianggap sebagai saluran yang lebih aman bagi investor institusional untuk terlibat dalam crypto. Harapan untuk persetujuan ETF Bitcoin semakin menguat, dan pasar tampaknya sudah bersiap untuk menyambut era baru investasi crypto.

Dengan langkah Grayscale yang berani ini, dunia crypto mungkin akan menyaksikan babak baru dalam investasi Bitcoin. Transisi GBTC ke ETF Bitcoin tidak hanya akan menguntungkan investor tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan dan adopsi crypto di kalangan investor institusional. Sekarang, semua mata tertuju pada SEC, dan keputusan mereka akan menentukan masa depan GBTC dan lanskap investasi crypto secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: