Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

author:

Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

Grayscale, manajer aset crypto terkemuka, baru-baru ini bertemu dengan Securities and Exchange Commission (SEC) untuk membahas rincian trust Bitcoin (BTC) unggulannya. Pertemuan ini membuka spekulasi tentang kemungkinan konversi trust ini menjadi Bitcoin exchange-traded fund (ETF) spot.

Grayscale dan SEC: Pertemuan Penting

Sumber: Twitter

Eksekutif dan pengacara Grayscale bertemu dengan SEC untuk membahas perubahan aturan yang akan memungkinkan penawaran Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) di bursa. Pertemuan ini melibatkan CEO Grayscale Michael Sonnenshein, kepala hukum Craig Salm, kepala ETF Dave LaValle, dan empat eksekutif lainnya.

Baca juga: Grayscale Solana Trust Melambung 869%, Apa Alasannya?

Mereka membahas tentang perubahan aturan yang diusulkan oleh NYSE Arca, Inc. untuk mencantumkan dan memperdagangkan saham Grayscale Bitcoin Trust (BTC) di bawah NYSE Arca Rule 8.201-E.

Grayscale merinci bahwa mereka telah menandatangani Perjanjian Agen Transfer dan Layanan dengan BNY Mellon, menurut pengajuan yang dibagikan oleh analis ETF Bloomberg, James Seyffart.

BNY Mellon: Agen Baru GBTC

Menurut laporan, Grayscale telah memasuki Perjanjian Agen dan Layanan Transfer dengan BNY Mellon, yang akan bertindak sebagai agen untuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mereka. Bank ini akan memfasilitasi penerbitan dan penebusan saham serta pemeliharaan akun pemegang saham. Meski demikian, perjanjian ini tidak menunjukkan bahwa GBTC akan segera dikonversi.

Sumber: Twitter

Dalam sebuah posting X 22 November, Presiden ETF Store Nate Geraci berpendapat “aspek yang paling substantif dari pertemuan SEC Grayscale kemarin adalah bahwa ‘konversi’ GBTC disebut sebagai ‘uplisting’.”

“Hal itu tidak mengindikasikan adanya masalah dengan konversi ke ETF,” katanya.

Grayscale memiliki peluang nyata untuk mendominasi kategori ETF ini jika dapat “mendaftarkan GBTC ke NYSE Arca pada hari yang sama dengan penerbit lain meluncurkan ETF BTC spot,” dan mereka melakukan upaya bersama untuk bersaing dalam hal biaya, tambah Geraci.

Baca juga: Heboh! ARK Invest Ubah Strategi ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

Prospek ETF Bitcoin

Grayscale berencana memasuki pasar dengan aset di bawah manajemen sebesar $20 miliar pada hari pertama, bahkan dengan kehadiran BlackRock. Grayscale telah mengajukan formulir pendaftaran S-3 dengan SEC pada 19 Oktober, yang menunjukkan niatnya untuk mencantumkan saham GBTC di NYSE Arca dengan simbol ticker GBTC.

Selain Grayscale, manajer aset besar lainnya seperti BlackRock dan Fidelity juga mencari persetujuan SEC untuk ETF Bitcoin spot.

Secara keseluruhan, pertemuan antara Grayscale dan SEC ini menunjukkan bahwa proses konversi GBTC menjadi ETF Bitcoin spot terus bergerak maju. Meski belum ada kepastian, peluang persetujuan ETF tampaknya semakin besar. Apakah ini menjadi awal baru bagi dunia crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: