Grayscale Ajukan ETF Bitcoin Spot Baru di NYSE Arca!

author:

Grayscale Ajukan ETF Bitcoin Spot Baru di NYSE Arca!

Grayscale Investments, manajer aset digital terbesar di dunia, sedang bergerak cepat untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mereka menjadi ETF Bitcoin spot. Dengan pengajuan baru yang diajukan, apakah kita berada di ambang revolusi baru dalam dunia crypto?

Grayscale dan Ambisi ETF Bitcoinnya

grayscale bitcoin etf
Sumber: Forbes

Pada 19 Oktober 2023, Grayscale mengajukan pernyataan pendaftaran formulir S-3 ke SEC, bermaksud untuk mendaftarkan saham Grayscale Bitcoin Trust di Bursa Efek New York (NYSE) Arca dengan simbol ticker GBTC.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

Pengajuan baru ini sejalan dengan upaya Grayscale yang sedang berlangsung untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi ETF Bitcoin spot, menurut pernyataan Grayscale.

“Kami tetap berkomitmen untuk bekerja secara kolaboratif dan cepat dengan SEC atas nama investor GBTC,” tulis perusahaan itu dalam pengumumannya.

Grayscale menekankan bahwa GBTC siap beroperasi sebagai ETF segera setelah mendapatkan persetujuan regulasi yang diperlukan.

Konteks dan Persaingan di Ruang ETF

Grayscale bukan satu-satunya pemain besar yang mencari persetujuan dari SEC untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot. Perusahaan lain seperti BlackRock dan Fidelity juga berada dalam perlombaan untuk mendapatkan persetujuan.

Meskipun SEC telah menunda beberapa aplikasi ETF di masa lalu, harapan tetap tinggi untuk persetujuan di masa depan, terutama dengan tekanan yang meningkat dari berbagai pemangku kepentingan di industri.

Grayscale telah bekerja keras untuk menantang penolakan sebelumnya dari SEC terhadap proposal mereka dan terus berdiskusi dengan regulator tentang hal ini.

Baca juga: Lightning Labs Luncurkan Taproot Assets untuk Membawa Stablecoin ke Bitcoin

Apa yang Diharapkan ke Depan?

Dengan Grayscale maju dengan rencananya untuk ETF Bitcoin spot, banyak yang berharap ini akan membuka pintu untuk adopsi yang lebih luas dari Bitcoin dan crypto lainnya oleh investor institusi.

Ketua SEC, Gary Gensler, telah menekankan pentingnya proses yang mendalam untuk melindungi investor. Oleh karena itu, meskipun ada optimisme, masih ada beberapa langkah yang harus diambil sebelum ETF menjadi kenyataan.

Namun, dengan momentum yang ada di belakang Grayscale dan industri crypto secara keseluruhan, banyak yang berharap kita berada di ambang era baru dalam investasi crypto.

Ketika dunia crypto terus berkembang dan beradaptasi, langkah-langkah seperti yang diambil oleh Grayscale menunjukkan bahwa industri ini siap untuk inovasi dan pertumbuhan lebih lanjut. Dengan potensi ETF Bitcoin di cakrawala, masa depan tampaknya cerah bagi investor dan peminat crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: