Game NFT Resmi Diizinkan di Google Play Store, Ini Kebijakan Barunya!

Game NFT Resmi Diizinkan di Google Play Store, Ini Kebijakan Barunya!

Google Play Store kini telah resmi mengizinkan permainan berbasis NFT, sebuah peningkatan signifikan dalam penerimaan aset digital. Meski demikian, Google masih belum memberikan ruang bagi aplikasi yang berkaitan dengan perjudian.

Kebijakan baru ini tentunya membuka peluang bagi pengembang game untuk memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT dalam permainan mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Kebijakan Google Play Store Tentang NFT

regulasi terbaru google play store
Sumber: Akun Twitter Mishaal Rahman

Dilansir dari Cointelegraph, Google Play Store mengubah kebijakan mereka dan kini memperbolehkan permainan berbasis NFT. NFT adalah bentuk aset digital yang unik dan tidak dapat ditukar, yang telah mengalami peningkatan popularitas belakangan ini. Kebijakan baru ini menandai penerimaan lebih luas Google terhadap teknologi blockchain dan NFT.

Namun, tidak semua jenis transaksi aset digital diperbolehkan oleh Google. Menurut kebijakan baru Google, transaksi aset digital yang melibatkan perjudian atau yang dapat ditukar dengan uang atau aset fisik lainnya masih dilarang.

“Sebagai bagian dari pembaruan kebijakan, kami mengharuskan aplikasi-aplikasi untuk transparan kepada pengguna mengenai aset-aset digital yang telah ditokenisasi,” ujar Google dalam sebuah posting blog yang mengumumkan berita tersebut pada hari Rabu, (12/7/2023).

Baca Juga: Setelah Tezos, Google Cloud Gandeng Protokol Ini untuk Bantu Start-up Meningkatkan Inovasi Web3

Dampak Kebijakan Baru pada Pengembang Game

Kebijakan Baru dari Google Play Store
Kebijakan Baru dari Google Play Store. Sumber: Akun Twitter Mishaal Rahman

Dengan perubahan kebijakan ini, pengembang game kini memiliki lebih banyak ruang untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT. Hal ini berpotensi membuka peluang baru dalam pengembangan game, termasuk pembuatan game dengan mekanisme ekonomi yang didasarkan pada NFT.

Meskipun demikian, pengembang game harus tetap mematuhi pedoman yang ketat yang ditetapkan oleh Google.

“NFT yang dibeli oleh pengguna harus dikonsumsi atau digunakan dalam game untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau membantu pengguna dalam memajukan game,” demikian bunyi peraturan Google. “NFT tidak boleh digunakan untuk bertaruh atau mempertaruhkan sebagai imbalan atas kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan nilai uang dunia nyata (termasuk NFT lainnya).”

Baca Juga: Konferensi Google I/O: Luncurkan AI Generatif PaLM 2 dan Upgrade Bard Jadi Lebih Canggih?

Tanggapan Komunitas dan Proyeksi Masa Depan

Perubahan kebijakan Google ini diterima dengan baik oleh komunitas pengembang game dan pengguna NFT. Banyak yang melihat ini sebagai langkah penting menuju adopsi teknologi blockchain dan NFT yang lebih luas dalam industri game.

Namun, ada juga yang mempertanyakan batasan yang masih diberlakukan Google, khususnya larangan terhadap aplikasi yang melibatkan perjudian. Meskipun demikian, perubahan ini dianggap sebagai langkah maju yang signifikan, dan diharapkan akan mendorong inovasi lebih lanjut dalam penggunaan NFT di dalam game.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: