Google, Microsoft, OpenAI, dan Anthropic Bersatu Membentuk Forum untuk Mengawasi AI!

author:

Google, Microsoft, OpenAI, dan Anthropic Bersatu Membentuk Forum untuk Mengawasi AI!

Empat raksasa teknologi, Google, Microsoft, OpenAI, dan Anthropic, telah mengumumkan pembentukan sebuah forum industri yang disebut Frontier Model Forum pada tanggal 26 Juli 2023.

Forum ini bertujuan untuk memastikan pengembangan model AI paling canggih dilakukan dengan aman dan bertanggung jawab. Lebih lanjut, inisiatif ini direspon positif oleh banyak pihak, namun juga menimbulkan pertanyaan, apakah mereka akan mengendalikan dunia melalui AI?

Misi Forum: Membangun AI yang Aman dan Bertanggung Jawab

google, microsoft, openai bersatu untuk bentuk forum ai
Sumber: Tech Crunch

Frontier Model Forum berfokus pada apa yang disebut oleh OpenAI sebagai “frontier AI”. Ini merujuk pada model AI dan machine learning yang sangat canggih dan berpotensi membahayakan keamanan publik.

Model-model ini dapat menimbulkan tantangan regulasi yang unik, karena “kemampuan berbahaya dapat muncul secara tak terduga,” sehingga sulit untuk mencegah model-model tersebut disalahgunakan. Oleh karena itu, misi utama forum ini adalah memastikan pengembangan model-model ini dilakukan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

Baca juga: Hollywood Vs AI: Penulis Berjuang Untuk Masa Depan Kreativitas dan Hak Cipta!

Salah satu tujuan utama dari forum ini adalah untuk memajukan penelitian keselamatan AI. Ini melibatkan pengembangan evaluasi teknis dan benchmark, serta promosi praktik terbaik dan standar. Forum ini berupaya untuk meminimalkan risiko dan memungkinkan evaluasi independen dan standar dari kapabilitas dan keselamatan model AI.

Selain itu, forum ini juga berusaha untuk mengidentifikasi praktik terbaik untuk pengembangan dan penyebaran model frontier yang bertanggung jawab, serta membantu masyarakat memahami sifat, kemampuan, keterbatasan, dan dampak teknologi ini.

Forum ini juga berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pembuat kebijakan, akademisi, masyarakat sipil, dan perusahaan untuk berbagi pengetahuan tentang kepercayaan dan risiko keselamatan dalam AI. Kolaborasi ini penting untuk memastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan memiliki pemahaman yang sama tentang tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh AI.

Pengaturan dan Kepatuhan: Menjaga AI Tetap Aman

Meski baru memiliki empat anggota, Frontier Model Forum terbuka untuk anggota baru. Organisasi yang memenuhi kriteria, yaitu mengembangkan dan menerapkan model AI frontier dan menunjukkan “komitmen kuat terhadap keselamatan model frontier,” dapat bergabung.

Brad Smith, Presiden Microsoft, menekankan bahwa perusahaan yang menciptakan teknologi AI memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa teknologi tersebut aman, terjamin, dan tetap berada di bawah kontrol manusia. Forum ini dirancang untuk menunjukkan bahwa industri AI serius menangani masalah keselamatan dan berusaha menghindari regulasi yang akan datang melalui inisiatif sukarela.

Baca juga: Apple Kembangkan Chatbot AI Baru, Siap Saingi ChatGPT dari OpenAI?

Kritik dan Tanggapan: Apakah Regulasi AI Cukup?

forum ai
Sumber: Business Standard

Meski inisiatif ini mendapat sambutan hangat, ada juga yang skeptis. Beberapa pengamat mengkritik bahwa industri teknologi memiliki sejarah gagal dalam mematuhi janji-janji tentang regulasi diri.

Dr. Andrew Rogoyski dari Institute for People-Centred AI di University of Surrey, mengungkapkan kekhawatirannya bahwa pemerintah telah menyerahkan kepemimpinan dalam AI ke sektor swasta. Menurutnya, AI adalah teknologi yang sangat kuat, dengan potensi baik dan buruk, sehingga membutuhkan pengawasan independen yang akan mewakili orang-orang, ekonomi, dan masyarakat yang akan dipengaruhi oleh AI di masa depan.

Pada akhirnya, pembentukan Frontier Model Forum ini menandai langkah penting dalam pengawasan dan regulasi pengembangan AI. Meski ada kritik dan kekhawatiran, forum ini menunjukkan komitmen kuat dari empat raksasa teknologi untuk memastikan bahwa AI dikembangkan dan digunakan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: