Google Mengejutkan Dunia dengan Peningkatan Mesin Pencari AI Terbarunya! Seperti Apa?

author:

Google Mengejutkan Dunia dengan Peningkatan Mesin Pencari AI Terbarunya! Seperti Apa?

Google, raksasa teknologi dunia, baru saja mengumumkan serangkaian peningkatan revolusioner pada mesin pencariannya. Pada tanggal 15 Agustus 2023, perusahaan ini memperkenalkan fitur-fitur kecerdasan buatan generatif yang canggih, yang menjanjikan pengalaman pencarian yang lebih mendalam dan komprehensif bagi penggunanya.

Pengalaman Pencarian Generatif AI Terbaru dari Google

Google telah memperluas dasar dari Search Generative Experience (SGE) yang diperkenalkan dalam versi beta pada awal 2023. Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan pengguna dengan ringkasan yang dihasilkan oleh AI dari topik utama halaman web. Menurut Rany Ng, pemimpin produk Google, mesin AI yang dikembangkan oleh Google membantu individu dalam “meningkatkan pemahaman dan pemahaman informasi”.

fitur ai google
Gambar yang menunjukkan fungsi SGE yang baru saja diperkenalkan. Sumber: Google

Baca juga: Demokrat Amerika Serikat Luncurkan Grup Kerja AI, Seperti Apa Kerjanya?

SGE saat ini menyediakan ringkasan yang dihasilkan oleh AI untuk membantu tugas-tugas dalam berbagai bahasa pemrograman dan alat. Misalnya, pengguna dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan ‘how-to’ dan melihat potongan kode yang disarankan untuk tugas-tugas umum.

Salah satu fitur menonjol dari SGE yang ditingkatkan adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengarahkan kursor ke kata-kata tertentu untuk melihat pratinjau definisi. Fitur interaktif ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat diagram atau gambar terkait, memperkaya pemahaman mereka tentang topik yang sedang dibahas.

SGE Saat Menjelajah: Inovasi Terbaru dalam Pencarian

Google sedang menguji fitur baru yang disebut “SGE saat menjelajah”, yang dirancang untuk membantu pengguna dalam berinteraksi dengan konten panjang dan menemukan poin kunci dalam sebuah artikel. Fitur ini memberikan tautan yang mengarahkan pengguna langsung ke bagian relevan di halaman.

Namun, fitur ini tidak akan menyediakan poin kunci pada artikel yang ditandai sebagai berbayar. Google menjelaskan bahwa “SGE saat menjelajah dirancang untuk menampilkan poin kunci yang dihasilkan oleh AI hanya pada artikel yang tersedia secara gratis untuk publik di web.”

Google mendorong pengguna untuk berpartisipasi dalam eksperimen ini dan berbagi umpan balik mereka melalui Search Labs, yang tersedia di aplikasi Google untuk Android dan iOS, serta di desktop Chrome.

Baca juga: Google Ubah Kebijakan Privasi untuk Pelatihan AI, Inovasi atau Kontroversi?

Peningkatan Lainnya dan Respons dari Komunitas

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, Google juga memperkenalkan alat untuk melihat definisi istilah yang tidak dikenal dan fitur yang membantu meningkatkan pemahaman dan informasi pemrograman lintas bahasa.

Meskipun Google telah membuat banyak kemajuan dengan SGE, mereka bukan satu-satunya yang berpikir tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk merangkum teks. Aplikasi pembaca berita Artifact, dari pendiri Instagram, juga mulai menawarkan fitur ringkasan AI pada pembaruan April 2023 mereka.

Meskipun banyak ulasan positif tentang peningkatan ini, beberapa ahli memperingatkan bahwa ketergantungan berlebihan pada AI dapat berpotensi mengikis kemampuan analitis individu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: