Google Luncurkan Program AI Senilai 25 Juta Euro untuk Eropa!

author:

Google Luncurkan Program AI Senilai 25 Juta Euro untuk Eropa!

Google baru-baru ini mengumumkan peluncuran program “AI Opportunity Initiative for Europe” dengan menggelontorkan dana sebesar 25 juta euro (sekitar $26,9 juta) untuk mendukung pelatihan keterampilan di bidang kecerdasan buatan (AI) bagi masyarakat Eropa.

Inisiatif ini bertujuan untuk membantu warga Eropa memanfaatkan peluang AI dan menjadikan benua tersebut sebagai pelopor dalam pemanfaatan AI untuk pertumbuhan ekonomi.

Dukungan untuk Pekerja dan Startup Lokal

Sebagian besar dana, sekitar 10 juta euro, akan difokuskan untuk membekali pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan agar tidak “tertinggal”.

Baca juga: Google Berinvestasi Miliaran di Tengah Gelombang PHK: Apa Strategi Selanjutnya?

Program ini akan bekerja sama dengan pemerintah Uni Eropa, masyarakat sipil, akademisi, dan bisnis untuk menyediakan pelatihan AI tingkat lanjut bagi para pekerja di startup lokal, dengan fokus khusus pada komunitas yang rentan.

Selain itu, Google juga akan menyediakan dukungan tambahan untuk startup AI dan memperluas sesi pelatihan AI online gratis ke lebih banyak bahasa. Hal ini sejalan dengan visi Google untuk mendemokratisasi AI dan memastikan bahwa teknologi ini dapat diakses oleh semua orang.

“Kami ingin memainkan peran kami dalam memberdayakan tenaga kerja Eropa, mendukung orang-orang melalui perubahan sehingga semua orang dapat memperoleh manfaat.”

Kemitraan dengan Centre for Public Impact

Sumber: CPI

Untuk memastikan jangkauan yang lebih luas, Google bekerja sama dengan Centre for Public Impact (CPI) dalam mengelola program ini.

Organisasi nirlaba ini akan menerima aplikasi dari perusahaan sosial dan nirlaba yang berbasis di Uni Eropa untuk memberikan pelatihan AI kepada lebih banyak orang.

CPI akan menyelenggarakan sesi pelatihan dalam bahasa lokal untuk meningkatkan aksesibilitas. Melalui kemitraan ini, Google berharap dapat memberdayakan individu dan organisasi untuk memanfaatkan potensi AI dan mendorong inovasi serta pertumbuhan ekonomi di Eropa.

Baca juga: Google Cloud dan XPLA Ubah Wajah Gaming Crypto: Era Baru Telah Tiba!

Visi Google untuk AI yang Inklusif

Komitmen Google dalam menginvestasikan dana untuk keterampilan dan pelatihan AI sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan lanskap teknologi yang lebih inklusif dan mudah diakses.

Dengan memprioritaskan komunitas yang kurang terlayani dan bekerja sama dengan organisasi lokal, Google bertujuan untuk menjembatani kesenjangan digital dan memberdayakan individu agar dapat berkembang di era digital.

Ekspansi pendidikan dan sumber daya AI diharapkan dapat mendorong inovasi, memacu pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan daya saing Eropa di sektor teknologi global.

Melalui kemitraan dan investasi yang terarah, Google berupaya membuka potensi transformatif kecerdasan buatan untuk kepentingan semua pihak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Reuters