Google Gemini: Generasi Baru AI yang Multimodal!

Google Gemini: Generasi Baru AI yang Multimodal!

Dunia kecerdasan buatan (AI) kembali digemparkan dengan kehadiran Google Gemini, sebuah keluarga model bahasa besar (LLM) multimodal yang dikembangkan oleh Google AI. Gemini mampu memahami dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk teks, kode, gambar, audio, dan video. Kemampuannya yang unik ini membedakannya dari versi LLM sebelumnya yang sebagian besar hanya mengandalkan teks. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengenal Google Gemini

Google Gemini merupakan rangkaian model AI yang terdiri dari Gemini Ultra, Gemini Pro, dan Gemini Nano. Masing-masing model dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan aplikasi komputasi yang berbeda.

bard gemini ai
Sumber: Lifestyle Asia

Gemini Ultra adalah versi terkuat dan paling intensif sumber daya, cocok untuk tugas-tugas kompleks seperti penelitian ilmiah dan analisis data mendalam. Gemini Pro menawarkan alternatif yang lebih seimbang, memberikan kinerja luar biasa pada berbagai aplikasi tanpa memerlukan daya pemrosesan yang berlebihan.

Sementara itu, Gemini Nano adalah varian yang paling portabel dan praktis, dibuat khusus untuk lingkungan komputasi tepi dan perangkat seluler, sehingga memudahkan penggunaan saat bepergian.

Baca Juga: Google Rebranding Chatbot AI ‘Bard’ Menjadi ‘Gemini Ultra 1.0’, Ini Alasannya!

Evolusi Google Bard Menjadi Gemini

Google Bard, chatbot AI dari Google, kini telah bertransformasi menjadi Gemini. Meskipun terjadi perubahan nama, teknologi inti dan fungsionalitasnya sebagian besar tetap tidak berubah. Pengembangan chatbot AI Google menunjukkan kemajuan dan perluasan yang menjanjikan, memberikan pengguna aksesibilitas yang lebih baik, fitur canggih, dan integrasi yang lancar di seluruh pengalaman digital mereka.

Salah satu inovasi utama adalah aplikasi seluler Gemini Nano, yang menghadirkan kemampuan Gemini langsung ke tangan pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka saat bepergian. Selain itu, akses ke potensi penuh variasi LLM tercanggih disediakan oleh Gemini Advanced (model Ultra 1.0 Google). Pengguna Google One mendapatkan akses ke tingkat premium ini, yang menguntungkan mereka yang mencari fitur dan kinerja terbaik.

Cara Kerja Google Gemini

Google Gemini bekerja dengan mempelajari teks, kode, gambar, dan lainnya, menawarkan respons yang mendalam dan berkembang melalui interaksi manusia. Gemini didasarkan pada jaringan saraf rumit yang dimodelkan menyerupai otak manusia.

Dengan memproses data melalui beberapa tingkatan simpul yang saling berhubungan, jaringan ini pada akhirnya belajar mengenali pola dan hubungan. Gemini dilatih pada kumpulan data teks dan kode yang sangat besar, memungkinkannya untuk melakukan tugas penalaran dasar.

Ini berarti Gemini dapat melampaui sekadar memuntahkan informasi dan memahami konsep yang sedang ditanganinya. Tidak seperti model bahasa sebelumnya yang terbatas pada teks, Gemini dapat menganalisis data dari berbagai sumber. Hal ini memungkinkannya untuk menghasilkan respons yang lebih menyeluruh, seperti halnya manusia menggunakan berbagai sumber untuk memahami dunia.

Bayangkan Gemini sebagai perpustakaan informasi yang luas yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Algoritma canggih yang digunakan untuk mengatur perpustakaan ini memungkinkan Gemini membuat hubungan antara konsep, memahami hubungan, dan bahkan menerapkan logika untuk memberikan jawaban atas pertanyaan manusia. Gemini mengembangkan basis pengetahuannya dan belajar dari interaksi, yang membantunya menjadi lebih cerdas dan berharga dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Demo AI Gemini Google Ternyata Dirancang Ulang? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Perbandingan Gemini dengan ChatGPT

ChatGPT, model LLM lain yang dikembangkan oleh OpenAI, memiliki spesialisasi dalam menghasilkan teks percakapan. Sementara itu, Google Gemini menawarkan pendekatan multimodal, menganalisis berbagai jenis data untuk respons yang lebih bernuansa dan komprehensif.

ChatGPT unggul dalam teks yang mengubah kata-kata dan perintah pengguna menjadi percakapan yang menarik. Sebaliknya, Gemini memiliki jangkauan kemampuan yang lebih luas. Gemini menjelajahi kode, gambar, dan data audio untuk respons yang lebih komprehensif.

Pemahaman multimodal ini membekalinya untuk memberikan respons faktual, deduksi logis, dan tugas-tugas kompleks. ChatGPT menawarkan tingkat gratis untuk pembuatan teks dasar dan percakapan, dengan ChatGPT Plus berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur. Gemini menyediakan layanan dasar gratis, dengan fitur dan kinerja tingkat lanjut yang tersedia melalui langganan Gemini Advanced untuk anggota Google One.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi