Google Cloud dan El Salvador Bermitra untuk Digitalisasi Negara

author:

Google Cloud dan El Salvador Bermitra untuk Digitalisasi Negara

Google Cloud telah mengumumkan kemitraan strategis dengan pemerintah El Salvador pada tanggal 29 Agustus 2023 untuk mendirikan kantor dan menyediakan layanan Google Distributed Cloud (GDC) di negara tersebut.

Kemitraan ini bertujuan untuk memodernisasi layanan pemerintah, serta meningkatkan sistem kesehatan dan pendidikan. Presiden El Salvador, Nayib Bukele, menyatakan bahwa negaranya sedang bergerak cepat menjadi “pusat inovasi.”

Inisiatif Google Cloud untuk Inovasi Digital

Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk mendorong El Salvador ke era digital, memodernisasi operasi pemerintah dan layanan publik. Google Distributed Cloud (GDC), sebagai layanan cloud terdesentralisasi, akan memainkan peran penting dengan memfasilitasi kedekatan infrastruktur ke sumber data di dalam negeri.

Baca juga: Google Cloud Menjalankan Validator di Celo Network

Presiden Nayib Bukele, yang dikenal karena pendekatannya yang progresif terhadap teknologi, telah mengungkapkan optimisme besar tentang kolaborasi ini.

google cloud el salvador
Sumber: Twitter

“Kami percaya teknologi dan investasi asing adalah kunci untuk pengembangan,” kata Bukele.

Dia bahkan memposting tentang kemitraan ini di media sosial dengan emoji wajah tersenyum, menunjukkan antusiasme dan kepercayaan pada potensi manfaat dari usaha ini.

Kemitraan ini diharapkan akan berlangsung selama tujuh tahun, tergantung pada persetujuan legislatif penuh, dan akan membantu pemerintah dalam mendigitalkan proyek dan proses, seperti faktur dan perizinan.

El Salvador dalam Adopsi Teknologi

Thomas Kurian, CEO Google Cloud, sangat antusias tentang potensi transformasi komputasi awan di Amerika Latin. Dia mencatat bahwa teknologi cloud telah mendemokratisasi akses ke aplikasi dan layanan canggih di berbagai sektor dan lokasi geografis.

Baca juga: Eksperimen Bitcoin di El Salvador Membawa Keuntungan Tak Terduga!

“Akses ke komputasi awan telah meluas secara dramatis di seluruh industri dan wilayah di seluruh dunia. Memungkinkan perusahaan kecil dan sektor publik untuk memanfaatkan aplikasi dan layanan yang sama dengan pasar yang lebih matang”. Ucap Kurian

Kemitraan antara Google Cloud dan El Salvador juga memiliki implikasi untuk sikap progresif El Salvador terhadap adopsi cryptocurrency, khususnya Bitcoin. Infrastruktur GDC tambahan sejalan dengan upaya negara untuk mengintegrasikan Bitcoin ke dalam masyarakatnya.

El Salvador telah menarik perhatian global dengan menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal sejak tahun 2021. Kemitraan ini dengan Google Cloud tidak hanya akan memperkuat infrastruktur digital negara tetapi juga mendukung posisi progresif El Salvador dalam adopsi cryptocurrency.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: