Google Cloud Berencana Membawa Revolusi Web3 ke Tingkat Selanjutnya!

author:

Google Cloud Berencana Membawa Revolusi Web3 ke Tingkat Selanjutnya!

Google Cloud sedang merencanakan lebih banyak produk yang berfokus pada Web3 untuk menjadikan penawaran komputasi mereka sebagai pilihan utama bagi perusahaan dan pengembang industri. Ini mengikuti pengenalan baru-baru ini dari program startup yang bertujuan mendukung pemain dalam segmen Web3.

Misi Google Cloud dalam Mendukung Ekosistem Web3

Google Cloud Akan Segera Menjadi Validator Node Solana
Sumber: Healthcareitnews.com

Unit layanan komputasi awan dari raksasa teknologi ini akan terus membangun layanan yang sejalan dengan Mesin Node Blockchain-nya, kata James Tromans, kepala Google Cloud Web3. Membantu pelanggan “menjadi pemain transformatif dalam ekosistem Web3” kini menjadi bagian inti dari misi bisnisnya.

Baca juga: Gratis! Google Cloud Hadirkan Kursus Tentang Sistsem AI Generatif, Tertarik Ikut?

Meskipun Tromans tidak merinci inisiatif spesifik apa yang mungkin sedang dikembangkan, ia menegaskan bahwa Google Cloud akan terus menawarkan dataset on-chain seperti Ethereum di BigQuery, “gudang data serverless” Google.

“Dengan kemampuan dasar ini, startup kami bergerak lebih cepat, berfokus pada proposisi nilai yang membedakan mereka dan menghindari pembangunan kembali kemampuan dasar yang tidak unik untuk bisnis mereka,” kata Tromans dalam sebuah email.

Google Cloud dan Kemitraan dengan Industri Keuangan dan Gaming

Google Cloud bekerja sama dengan pemain yang berfokus pada layanan keuangan dan gaming untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi Web3 dapat merampingkan operasi mereka, serta membuka model bisnis dan aliran pendapatan alternatif.

Selain itu, Google Cloud juga berfokus pada kecerdasan buatan (AI) — sebuah area yang beberapa perusahaan crypto sangat andalkan.

“Kami sangat percaya bahwa AI adalah kunci untuk memecahkan tantangan bisnis dan teknologi sehingga kami sedang mengeksplorasi kasus penggunaan di mana AI dan model bahasa besar dapat diterapkan secara unik di ruang Web3,” kata Tromans.

Tidak hanya itu, Google Cloud juga meluncurkan program startup Web3 pada April 2023 untuk membantu perusahaan membangun aplikasi Web3 yang lebih cepat dan lebih aman. Program ini memungkinkan startup membangun di platform serverless Google secara gratis, selain menerima manfaat seperti kredit Google Cloud senilai $200.000 dan akses ke dukungan teknis.

Penerimaan Google terhadap Crypto dan Web3

google cloud blockchain
Sumber: Unsplash

Google menciptakan divisi yang berfokus pada “blockchain dan teknologi penyimpanan dan komputasi data generasi berikutnya,” Bloomberg melaporkan pada Januari 2022.

Baca juga: Setelah Tezos, Google Cloud Gandeng Protokol Ini untuk Bantu Start-up Meningkatkan Inovasi Web3

Unit cloud perusahaan meluncurkan Mesin Node Blockchain-nya pada Oktober “untuk membantu pengembang Web3 membangun dan menerapkan produk baru di platform berbasis blockchain.” Ethereum adalah blockchain pertama yang didukung oleh mesin tersebut, meskipun Solana dijadwalkan untuk mengikuti, kata Google saat itu.

Alireza Ghods, CEO pengembang perangkat DePIN Natix, mengatakan bahwa penerimaan Google terhadap kripto tidak luput dari perhatian pendiri Web3 seperti dia.

“Dengan lebih dari 3 miliar pengguna Android, akan lebih cerdas untuk membiarkan proyek Web3 menggunakan Google Play sebagai platform dan mengenakan biaya tertentu daripada memblokir mereka,” katanya.

Dengan berbagai inisiatif yang sedang berlangsung, Google Cloud menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi Web3 dalam mendukung ekspresi artistik dan membuka jalan baru dalam ekonomi digital.

Melalui program startup Web3, perusahaan ini telah memberdayakan startup dari seluruh dunia dengan alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk menavigasi lanskap digital. Ini adalah langkah besar menuju masa depan yang lebih inovatif dan inklusif dalam teknologi dan bisnis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: