Google Cloud Bakal Perluas Program Startup Web3, Hanya 11 Perusahaan Blockchain yang Terpilih?

Google Cloud Bakal Perluas Program Startup Web3, Hanya 11 Perusahaan Blockchain yang Terpilih?

Salah satu perusahaan besar teknologi Alphabet telah memperluas Program Google untuk Startups Cloud. Per tanggal 25 April 2023, program ini mencakup perusahaan-perusahaan Web3 seperti Alchemy, Aptos, Base, Celo, Flow, Hedera, Nansen, Near, Polygon, Solana, dan Thirdweb.

Tak hanya itu, di hari yang sama, Nansen juga mengumumkan kolaborasinya dengan Google Cloud. Seperti apa kolaborasi mereka dan apa yang dilakukan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seperti Apa Kolaborasi Google Cloud dan Nansen?

kolaborasi nansen dan google cloud
Sumber: Akun Twitter Nansen

Pada hari yang sama, perusahaan analisis blockchain Nansen mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Google Cloud untuk menyediakan data blockchain real-time bagi para startup. Basis datanya saat ini berisi lebih dari 250 juta label dompet.

Dilansir dari Cointelegraph, saat ini Google Cloud memiliki dua rangkaian produk untuk startup Web3. Perbedaan di antara keduanya adalah didasarkan pada apakah perusahaan telah mendapatkan pendanaan atau belum.

Perusahaan yang sudah mendapatkan pendanaan dapat menerima kredit Google Cloud hingga $2.000 atau setara dengan Rp29.768.300 (kurs $1 = Rp14.884), yang berlaku selama dua tahun dengan akses ke berbagai acara seperti Paris Blockchain Week, Consensus, dan TOKEN2049 Singapura, di mana Google akan berpartisipasi.

Baca Juga: Bakal Buat Game Mobile Web3, Penerbit Game Jungle Raih Pendanaan Senilai Rp92,3 Miliar!

Keuntungan Pendanaan Perusahaan Startup yang Terpilih

keuntungan pendanaan startup
Sumber: Freepik Premium License

Untuk perusahaan startup yang mendapatkan pendanaan, akan mendapatkan $200.000 yang setara dengan Rp2,9 miliar (kurs $1 = Rp14.884) selama dua tahun untuk penggunaan Google Cloud dan Firebase, serta $12.000 yang setara dengan Rp178 juta (kurs $1 = Rp14.884) dalam bentuk kredit Google Cloud Enhanced Support dan 12 bulan gratis Google Workspace Business Plus.

Selain itu, proyek-proyek Web3, termasuk Aptos, Celo, Flow, HBAR Foundation, Near dan Solana Foundation, akan memberikan hibah masing-masing hingga $1 juta dalam bentuk fiat atau token kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

Perusahaan-perusahaan unggulan juga dapat mengakses pendanaan hingga $3 juta dari Polygon Ventures.

Sementara itu, Base Ecosystem Fund akan memberikan tinjauan prioritas bagi para wirausahawan. Coinbase Ventures juga akan memperkenalkan mereka kepada tim listing dan pemodal ventura yang berlaku.

Fasilitas lainnya termasuk $10.000 dalam kredit Alchemy dengan dukungan VIP dan gasless contract deployment dengan Thirdweb.

Alex Svanevik, salah satu pendiri dan CEO Nansen, menyampaikan bahwa, “Kami dapat memberikan real-time intelligence untuk menyamakan kedudukan dalam dunia crypto berkat kemitraan dengan Google Cloud.”

Referensi: