Google dan Universal Music Bersatu untuk Musik AI: Apakah Ini Masa Depan Industri Musik?

Google dan Universal Music Bersatu untuk Musik AI: Apakah Ini Masa Depan Industri Musik?

Dalam era digital yang terus berkembang, Google dan Universal Music sedang dalam tahap negosiasi untuk mengamankan lisensi untuk musik yang dihasilkan oleh AI atau artificial intelligence.

Dengan munculnya lagu deepfake, bagaimana teknologi ini akan mengubah wajah industri musik?

AI Musik: Masa Depan Penciptaan Musik?

Menurut laporan dari Financial Times, Google dan Universal Music, bersama dengan pemain industri lainnya, sedang mempertimbangkan lisensi suara dan melodi artis untuk digunakan dalam lagu yang diproduksi oleh kecerdasan buatan.

Baca Juga: Resmi, Google Akan Menerima Pembayaran Crypto Mulai 2023!

Kemampuan AI untuk meniru gaya vokal artis dengan meyakinkan telah menjadi perhatian besar bagi perusahaan musik.

Dengan ini, diskusi sedang berlangsung untuk memungkinkan penggemar menciptakan trek menggunakan suara yang dihasilkan oleh AI dengan cara yang sah.

Tantangan dan Peluang Deepfake Songs

Kenaikan lagu deepfake, yang meniru artis terkenal seperti Frank Sinatra, Drake, dan Taylor Swift, telah menimbulkan kekhawatiran tentang otentisitas artis dan hak cipta dalam musik yang dihasilkan oleh AI.

Tujuan utama saat ini adalah mengintegrasikan musik yang dihasilkan oleh AI ke dalam kerangka kerja yang dapat dimonetisasi.

Dampak pada Artis dan Industri

google cloud perluas web3
Sumber: Coin Republic

Seiring AI semakin menonjol di sektor musik web3, beberapa musisi telah menyuarakan kekhawatiran tentang pelemahan karya asli mereka karena versi palsu.

Namun, ada artis, seperti musisi elektronik Grimes, yang telah menerima integrasi AI dalam proses kreatif mereka.

Bagi Google, pengembangan produk musik berbasis AI dapat meningkatkan posisi kompetitifnya melawan saingan seperti Meta.

Baca Juga: Google Rilis Node Blockchain Berbasis Cloud untuk Pengembangan Web3

Kamu, sebagai penggemar musik atau teknologi, mungkin akan menemukan perkembangan ini sebagai langkah maju yang menarik dalam industri.

Bagaimana teknologi AI akan mengubah cara kita mendengar dan menciptakan musik? Hanya waktu yang akan memberi tahu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: