Google dan Anthropic Berikan Harapan Baru bagi Kreditor FTX, Apa Dampaknya?

Google dan Anthropic Berikan Harapan Baru bagi Kreditor FTX, Apa Dampaknya?

Dalam beberapa minggu terakhir, konsorsium kreditor yang terkait dengan FTX, yang dikenal sebagai “Koalisi FTX 2.0,” menyoroti bagaimana kepentingan FTX yang runtuh dalam Anthropic dapat berdampak besar pada kompensasi mereka.

Anthropic, sebuah perusahaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif, baru-baru ini mengamankan putaran pendanaan yang signifikan sebesar $2 miliar dari Google. Meskipun valuasi terbaru masih dirahasiakan, perkiraan awal menunjukkan bahwa valuasi pasca-investasi perusahaan tersebut bisa berada dalam kisaran $20 hingga $30 miliar.

Anthropic Dapatkan Pendanaan $2 Miliar dari Google

Tahun 2023 telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dalam kecerdasan buatan (AI), dengan miliaran dolar investasi mengalir ke perusahaan seperti Anthropic dan OpenAI. Entitas-entitas ini telah mengembangkan chatbot AI generatif, yaitu “Claude” dan “ChatGPT,” yang telah mendapatkan prominensi dalam lanskap AI.

Pada akhir September, laporan menunjukkan bahwa Amazon berkomitmen untuk mendukung perusahaan tersebut dengan $4 miliar. Sebelum investasi Amazon, Google telah menyuntikkan $300 juta ke startup AI tersebut.

Baca Juga: Resmi, Google Akan Menerima Pembayaran Crypto Mulai 2023!

Sebelum raksasa korporat ini masuk ke dalam skenario, mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried (SBF) dan beberapa eksekutif senior-nya telah menyuntikkan $500 juta ke perusahaan tersebut.

Pada 4 Oktober, Koalisi FTX 2.0, yang terdiri dari kreditor FTX, membahas dampak potensial investasi SBF di perusahaan tersebut, memprediksinya sebagai sarana untuk mengganti sepenuhnya pelanggan dan klien. Diskusi ini muncul setelah Amazon menyuntikkan $4 miliar ke Anthropic.

Kompleksitas Hukum dan Dampak Saga FTX

sam bankman ftx
Fox Business

Melompat ke 27 Oktober, ketika laporan mengkonfirmasi komitmen Google sebesar $2 miliar ke Anthropic. Meskipun angka valuasi pasca-investasi yang tepat masih dirahasiakan, perkiraan awal berkisar dari $20 miliar hingga $30 miliar.

Koalisi FTX 2.0 memposting ulang pembaruan Wall Street Journal (WSJ) di media sosial, mengungkapkan suntikan terbaru Google ke Anthropic. Namun, di tengah perkembangan ini, perusahaan FTX memutuskan untuk menunda penjualan investasi Anthropic, memicu sengketa hukum.

Di tengah ini, jaksa AS, yang telah menuduh SBF melakukan penipuan, menekankan bahwa meskipun investasi Anthropic mungkin berpotensi menguntungkan pelanggan, hal itu tidak seharusnya mengurangi tuntutan hukum terhadap SBF.

Selama tahap awal persidangan, jaksa mencoba untuk mengecualikan investasi Anthropic dari proses persidangan. Selain itu, halaman yang merinci kepemimpinan SBF dalam putaran pendanaan Seri B, yang melibatkan peserta seperti Caroline Ellison, Jim McClave, Nishad Singh, Jaan Tallinn, dan Center for Emerging Risk Research (CERR), sekarang menampilkan kode status HTTP 404 error.

Paragraf Penutup

Informasi yang disediakan bukanlah saran perdagangan. Cryptopolitan.com tidak bertanggung jawab atas investasi apa pun yang dibuat berdasarkan informasi yang disediakan di halaman ini. Kami sangat menyarankan penelitian independen dan/atau konsultasi dengan profesional yang berkualifikasi sebelum membuat keputusan investasi apa pun.

Baca Juga: Google Rilis Node Blockchain Berbasis Cloud untuk Pengembangan Web3

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi