Google dan Amazon Berebut Investasi Miliaran Dolar di Startup AI Anthropic!

Google dan Amazon Berebut Investasi Miliaran Dolar di Startup AI Anthropic!

Dalam perang investasi AI yang semakin memanas, Google dan Amazon berlomba-lomba untuk mendapatkan bagian dari startup AI Anthropic. Google baru-baru ini mengumumkan investasi tambahan sebesar $2 miliar, sementara Amazon telah menginvestasikan $4 miliar pada bulan September. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Google Melipatgandakan Investasi di Anthropic

investasi ai google
Sumber: Akun X Kaushik

Google, yang sebelumnya telah menginvestasikan $500 juta di Anthropic, baru-baru ini menambah investasinya menjadi $2 miliar. Menurut laporan The Wall Street Journal, $500 juta dibayarkan di muka, sementara $1,5 miliar sisanya akan dibayarkan sepanjang waktu. Investasi ini menambah total investasi Google di Anthropic yang sebelumnya telah mencapai $550 juta pada tahun 2023.

Google Cloud juga telah menandatangani kesepakatan multi-tahun dengan Anthropic senilai lebih dari $3 miliar beberapa bulan yang lalu. Anthropic, yang didirikan oleh saudara kandung Dario dan Daniela Amodei, menggunakan sebagian besar investasi ini untuk melatih sistem AI mereka, seperti asisten AI Claude. Mereka berharap bisa mencapai terobosan besar berikutnya di industri AI.

Baca Juga: Google Siap Gempur Pasar Asia-Pasifik dengan Teknologi AI Generatif!

Amazon Ikut serta dalam Perlombaan Investasi AI

amazon anthropic
Sumber: Anthropic

Amazon tidak mau ketinggalan dalam perlombaan investasi AI ini. Pada bulan September, Amazon mengumumkan investasi massif sebesar $4 miliar di Anthropic. Amazon telah merinci bahwa mereka telah menginvestasikan $1,25 miliar di startup AI ini, yang dapat dikonversi menjadi ekuitas, dan kemampuan mereka untuk menginvestasikan $2,75 miliar dalam catatan kedua berakhir pada kuartal pertama 2024.

Investasi besar-besaran ini menunjukkan upaya perusahaan-perusahaan besar untuk menginfus teknologi AI ke dalam produk mereka, seiring dengan meningkatnya penggunaan AI di era ini. Anthropic, yang dianggap sebagai salah satu pesaing kuat OpenAI, kini semakin kuat dengan dukungan investasi besar dari Google dan Amazon.

Baca Juga: Rahasia Amazon dalam Mempercepat Pengiriman, Kekuatan AI yang Ubah Lanskap Logistik!

Anthropic dan Rencana 4 Tahun ke Depan

Anthropic memiliki rencana ambisius untuk mengambil alih OpenAI dan memasuki lebih dari selusin industri utama. Mereka berencana membangun “model perbatasan” yang disebut “Claude-Next”, yang ditargetkan untuk menjadi sepuluh kali lebih mampu daripada AI paling kuat saat ini. Namun, rencana ini membutuhkan investasi besar dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 tahun untuk menjadi kenyataan.

Dengan dukungan investasi dari Google dan Amazon, Anthropic kini memiliki modal yang cukup untuk mewujudkan visi mereka. Namun, mereka juga harus berurusan dengan pertempuran hukum yang melibatkan kreditur, mantan karyawan FTX, dan agensi pemerintah, yang berpotensi mempengaruhi prioritas dan distribusi saham Anthropic.

Dengan dukungan investasi besar dari Google dan Amazon, Anthropic kini berada di jalur yang tepat untuk menjadi pemain utama di industri AI. Namun, tantangan masih ada, dan hanya waktu yang akan menentukan apakah mereka dapat mewujudkan visi mereka dan mengubah industri AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: