Goldman Sachs Prediksi Penurunan Suku Bunga Fed AS, Apakah Bitcoin akan Menguat?

author:

Goldman Sachs Prediksi Penurunan Suku Bunga Fed AS, Apakah Bitcoin akan Menguat?

Dalam perjuangan Fed terhadap inflasi, analis Goldman Sachs memperkirakan bahwa Federal Open Market Committee (FOMC) akan menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan September mendatang. Setelah itu, suku bunga kemungkinan akan menurun, yang akan berdampak positif bagi pasar ekuitas, Bitcoin, dan crypto.

Prediksi Goldman Sachs tentang Suku Bunga Fed

Goldman Sachs Blockchain

Analis Goldman Sachs memperkirakan Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunga mulai Juni 2024, dengan penurunan kuartalan setelahnya.

Dalam catatan yang dirilis, ekonom Goldman termasuk Jan Hatzius dan David Mericle menulis bahwa pemotongan dalam perkiraan mereka didorong oleh keinginan untuk menormalkan tingkat dana dari tingkat yang membatasi ketika inflasi mendekati target.

Baca juga: Bitcoin Menuju $28K atau $32K? Simak Prediksi Harga BTC Agustus 2023

Saat ini, tim Goldman Sachs memprediksi bahwa penurunan suku bunga kemungkinan akan dimulai sekitar pertengahan 2024. Komite yang bertanggung jawab menetapkan suku bunga ini, yaitu Federal Open Market Committee, diperkirakan akan memutuskan untuk tidak meningkatkan suku bunga bulan depan.

Pasar Ekuitas dan Crypto Menunjukkan Pemulihan Kuat

analisa bitcoin juli 2023

Pasar ekuitas dan pasar crypto secara keseluruhan telah menunjukkan pemulihan yang kuat pada tahun 2023, menandakan kepercayaan investor yang meningkat terhadap aset-aset ini meskipun adanya ketidakpastian ekonomi global.

Indeks Nasdaq Composite, yang mencerminkan kinerja perusahaan teknologi besar dan inovatif, telah meningkat sebesar 31%. Kenaikan ini menunjukkan bahwa investor tetap optimis tentang potensi pertumbuhan teknologi dan inovasi di masa depan.

Sementara itu, harga Bitcoin, sebagai aset crypto utama, telah meningkat sebesar 77% sejak awal tahun. Kenaikan ini mencerminkan adopsi kripto yang semakin meningkat, baik dari individu maupun institusi.

Selain Bitcoin, banyak altcoin lainnya juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, menandakan diversifikasi dan maturitas pasar crypto. Analis percaya bahwa kombinasi dari kebijakan moneter yang akomodatif, adopsi teknologi blockchain yang meningkat, dan inovasi di ruang crypto adalah beberapa faktor utama di balik pemulihan pasar ini.

Baca juga: Strategi Bitcoin MicroStrategy Membuahkan Hasil, Saham Melonjak 210% dalam Tiga Tahun!

Potensi Rally Harga Bitcoin Pasca-September

Selama beberapa minggu terakhir, harga Bitcoin (BTC) berada di sekitar $29,000 dan belum menemukan momentum untuk aksi harga lebih lanjut.

Namun, alamat besar (whale) Bitcoin dan alamat ritel terus mengakumulasi dengan alamat jaringan Bitcoin baru yang bergabung.

Jika Bitcoin berhasil menembus level $29,600 dalam gerakan bullish, ada kemungkinan bisa naik ke sekitar $30,200. Jika harga BTC berhasil mengatasi resistensi di $30,200, bisa berlanjut rally ke $30,600 hingga $31,000.

Pada akhirnya, dengan prediksi Goldman Sachs tentang penurunan suku bunga oleh Fed, pasar crypto, khususnya Bitcoin, mungkin akan melihat dampak positif. Meskipun ada ketidakpastian di pasar global, analisis ini memberikan pandangan optimis bagi investor crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: