Goldman Sachs Ingin Bermitra dengan BlackRock dan Grayscale untuk Peran ETF Bitcoin!

author:

Goldman Sachs Ingin Bermitra dengan BlackRock dan Grayscale untuk Peran ETF Bitcoin!

Kabar terbaru dari industri keuangan global menunjukkan bahwa Goldman Sachs tengah berupaya keras untuk mendapatkan peran penting dalam ETF Bitcoin yang diusulkan oleh BlackRock dan Grayscale.

Jika SEC memberikan lampu hijau, langkah ini akan menandai babak baru dalam keterlibatan institusi keuangan besar dalam pasar crypto.

Goldman Sachs Incar Peran Kunci di ETF Bitcoin

Goldman Sachs, bank investasi ternama di Wall Street, dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menjadi peserta yang diotorisasi (authorized participant) bagi ETF Bitcoin yang diusulkan oleh BlackRock dan Grayscale.

Baca juga: Prediksi dari Goldman Sachs dan BlackRock Membawa Angin Segar ke Pasar Crypto 2024!

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Goldman Sachs akan bergabung dengan lembaga keuangan besar lainnya seperti JPMorgan Chase dan Jane Street yang telah dipilih untuk peran serupa. Peran ini sangat krusial dalam industri ETF yang bernilai multi-triliun dolar, karena melibatkan penciptaan dan penukaran saham ETF untuk memastikan produk tersebut diperdagangkan sesuai dengan aset yang mendasarinya.

Goldman Sachs tidak hanya akan menjadi peserta yang diotorisasi, tetapi juga akan memastikan likuiditas dan stabilitas harga ETF di pasar. Dengan adopsi mekanisme berbasis kas untuk menangani Bitcoin yang menjadi dasar saham, bank-bank besar AS yang sebelumnya menghindari crypto kini diundang untuk bergabung dalam pesta ETF Bitcoin yang sangat dinantikan. Ini dianggap sebagai langkah penting untuk mendapatkan persetujuan dari SEC.

Grayscale dan BlackRock Siapkan Langkah Strategis

grayscale etf bitcoin

Sementara itu, Grayscale Investments, manajer aset crypto, dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Goldman Sachs dan JPMorgan untuk peran dalam ETF Bitcoin spot yang direncanakan. Pembicaraan ini muncul setelah Grayscale mengajukan aplikasi S-3 yang diperbarui kepada SEC, di mana peserta yang diotorisasi belum dinamakan.

Baca juga: Pertemuan Mendesak SEC dengan Nasdaq dan NYSE Soal ETF Bitcoin: Apa yang Terjadi?

Di sisi lain, BlackRock telah menambahkan perusahaan perdagangan kuantitatif Jane Street dan JPMorgan ke dalam daftar peserta yang diotorisasi untuk ETF yang diusulkan. Peran peserta yang diotorisasi sangat penting dalam manajemen ETF karena memungkinkan penerbitan dan penukaran saham dana.

Meskipun JPMorgan telah terdaftar sebagai peserta yang diotorisasi untuk ETF Bitcoin spot lain yang diantisipasi, Goldman Sachs mungkin akan mengikuti jejak raksasa Wall Street lainnya seperti Cantor Fitzgerald dan Jane Street yang telah ditunjuk sebagai peserta yang diotorisasi untuk berbagai ETF.

Dengan semakin banyaknya lembaga keuangan besar yang terlibat dalam pasar ETF Bitcoin, ini menandakan era baru bagi industri crypto. Kamu sebagai investor atau pengamat pasar, perlu mengikuti perkembangan ini karena bisa jadi akan membawa dampak signifikan terhadap dinamika pasar crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: