Indonesia Berikan ‘Golden Visa’ Pertama kepada CEO OpenAI, Sam Altman: Apa Artinya?

Indonesia Berikan ‘Golden Visa’ Pertama kepada CEO OpenAI, Sam Altman: Apa Artinya?

Indonesia baru saja memberikan penghargaan khusus kepada Sam Altman, CEO OpenAI, dengan memberikannya “Golden Visa” pertama yang diperkenalkan oleh Indonesia. Langkah ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk menarik investasi dan talenta di bidang kecerdasan buatan (AI).

Apa sebenarnya “Golden Visa” itu dan apa dampaknya bagi perkembangan AI di Indonesia? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Golden Visa: Hak Istimewa untuk Sam Altman

hak istimewa untuk sam altman
Sumber: Akun Twitter Jeff Ooi

Dilansir dari Coingape, Sam Altman, yang dikenal sebagai otak di balik chatbot viral ChatGPT, menjadi orang asing pertama yang menerima visa khusus ini dari Indonesia. Visa ini memberinya izin tinggal hingga 10 tahun di Indonesia, serta fasilitas prioritas di bandara, memungkinkannya untuk melewati antrian biasa.

Meskipun visa ini umumnya ditujukan untuk investor kaya yang bersedia menginvestasikan jumlah besar di Indonesia, tampaknya Altman menerima perlakuan khusus berdasarkan reputasinya di dunia internasional, khususnya dalam teknologi AI.

Selain itu, Altman juga mendapat keistimewaan lain seperti prioritas dalam pemeriksaan keamanan dan tidak perlu mengajukan izin tinggal sementara.

Baca Juga: CEO OpenAI Sam Altman Ungkap Masa Depan AI, Gimana Kemanan dan Regulasinya?

Tujuan Indonesia dengan Program Golden Visa

Menurut Fortune, Indonesia memperkenalkan program Golden Visa untuk menarik investor berkualitas yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi nasional. Dengan investasi minimal $350.000 atau Rp5,3 miliar (kurs $1 = Rp15.200), seseorang dapat memperoleh izin tinggal selama 5tahun, sementara investasi $700.000 atau Rp10,7 miliar (kurs $1 = Rp15.200) memberikan izin 10 tahun.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menyatakan bahwa visa ini juga dapat diberikan kepada individu dengan reputasi internasional yang dapat memberikan manfaat bagi Indonesia.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk menjadi hub global AI, dengan harapan menarik lebih banyak investasi dan talenta di bidang teknologi dan inovasi.

Baca Juga: WLD Token Diluncurkan, Sam Altman Ungkap Visi dan Misi Proyek Worldcoin!

Sam Altman dan Komitmen OpenAI terhadap AI

Altman, selama kunjungannya ke Jakarta, berbagi pandangannya tentang peluang dan tantangan AI. Ia menyatakan niatnya untuk menyerahkan tanggung jawab penilaian risiko AI kepada pemerintah nasional.

Selama kunjungan tersebut, Altman juga menerima salinan rencana Indonesia untuk mengembangkan AI hingga tahun 2045.

OpenAI, di bawah kepemimpinan Altman, telah menjadi pemain kunci dalam dunia AI, dengan produk-produk seperti ChatGPT yang mendapatkan perhatian global.

Dengan pemberian Golden Visa kepada Sam Altman, Indonesia menunjukkan ambisinya untuk memposisikan diri sebagai pemain utama dalam industri AI global.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: