Berkaitan Dengan EIP-4884, Vitalik Buterin Ungkap Masa Depan Ethereum Tahun 2023!

Berkaitan Dengan EIP-4884, Vitalik Buterin Ungkap Masa Depan Ethereum Tahun 2023!

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah berbagi beberapa pandangan bullish atau goal-nya untuk Ethereum di tahun 2023, salah satunya termasuk mencapai tonggak sejarah baru untuk rollup scalling sesuai dengan roadmap Ethereum.

Ingin tahu apa saja yang disampaikan oleh Buterin terkait Ethereum untuk tahun 2023 mendatang? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Vitalik Buterin Bagikan Goal Ethereum di Tahun 2023

Bullish 2023 menurut Vitalik Buterin
Sumber: Akun Twitter Balaji @balajis

Dikutip dari Cointelegraph, developer Ethereum mengkonfirmasi peluncuran Ethereum Improvement Protocol (EIP) 4884 pada tahun 2023 nanti. Pasalnya, protokol tersebut telah dikeluarkan dari Ethereum Shanghai upgrade yang direncanakan akan dijalankan pada bulan Maret 2023 nanti.

Sebagai tanggapan dari cuitan mantan Chief Technology Officer (CTO) Coinbase, Balaji Srinivasan, pada 31 Desember 2022, yang menanyakan kepada pengguna Twitter mengenai perkiraan bullish mereka pada tahun 2023, Buterin mengatakan bahwa dia menantikan untuk mencapai milestone “basic rollup scalling” seperti yang digariskan dalam Roadmap Ethereum.

Pendiri Ethereum itu juga menjelaskan bahwa ini berarti peluncuran yang berhubungan dengan The Surge Ethereum Improvement Proposal (EIP)-4884.

Dilansir dari Cointelegraph, EIP-4884 pada awalnya diharapkan akan dikemas bersama dengan Shanghai, memperkenalkan “proto-danksharding” yang secara signifikan meningkatkan skalabilitas rollup layer-2 (The Surge) menjelang implementasi penuh dari upgrade Sharding utama akhir tahun 2023.

Baca Juga: Ogah Ngecek Harga ETH, Co-Founder Ethereum Paparkan 3 Tips Investasi di Tengah Crypto Winter

3 Tahap ‘Trust Model’ Berdasarkan Teknologi Ethereum

trust model ethereum
Sumber: Freepik Premium License

Menurut Cointelegraph, Buterin juga mengatakan rollup tersebut akan “melepas sebagian training wheels, setidaknya mulai masuk ke tahap 1″ mengacu pada postingan 22 November 2022 di “Ethereum Magicians forum” yang menjelaskan tiga tahap “trust model” berdasarkan seberapa matang teknologi proyek tersebut.

  • Tahap 0: Full Training Wheels

“Full Training Wheels” memiliki persyaratan untuk semua transaksi menjadi on-chain dan memberikan pengguna kemampuan untuk menarik aset mereka tanpa operator.

  • Tahap 1: Limited Training Wheels

“Limited Training Wheels” harus memiliki metode verifikasi transaksi seperti bukti penipuan atau skema bukti validitas untuk menerima atau menolak transaksi mana yang diizinkan oleh smart contract, bersama dengan dewan keamanan utama untuk mengawasi prosesnya.

  • Tahap 2: No Training Wheels

Sementara tahap 2, memiliki “no training wheels” dan harus memiliki dua pembuktian penipuan yang berbeda, dua pembuktian validitas yang berbeda, atau salah satu dari masing-masing. Pelaksanaan upgrade diperbolehkan pada tahap ini, namun harus memiliki penundaan lebih dari 30 hari.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2022, Vitalik Buterin membagikan pandangannya mengenai peluang ‘besar’ crypto yang akan terjadi di tahun 2023. Ada 3 hal yang belum terealisasi di industri crypto yakni adopsi crypto wallet secara massal yang belum tercapai, belum ada stablecoin yang tahan dengan kondisi inflasi, dan login situs web yang didukung Ethereum belum terealisasi.

Referensi: