Gnus.AI Discord Hack: Kerugian $1,27 Juta dan Dugaan Rug Pull!

Gnus.AI Discord Hack: Kerugian $1,27 Juta dan Dugaan Rug Pull!

Jakarta, Pintu News – Dunia mata uang crypto kembali digemparkan dengan berita peretasan yang merugikan jutaan dolar. Kali ini, korbannya adalah jaringan kecerdasan buatan Gnus.AI yang kehilangan sekitar $1,27 juta akibat eksploitasi token pada tanggal 5 Mei lalu. Bagaimana kronologi kejadiannya dan apa saja dampaknya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kronologi Peretasan Gnus.AI

Peretasan Gnus.AI bermula ketika penyerang berhasil mendapatkan akses ke pesan pribadi anggota tim di Discord. Melalui akses ini, penyerang dapat memperoleh kunci pribadi ke akun tim yang dimulai dengan 0x18. Dengan kunci pribadi tersebut, penyerang dapat menyalin data “salt” token dari Ethereum dan menggunakan protokol jembatan Axelar untuk membuat versi token jaringan Fantom.

Baca Juga: GNUS: Gebrakan Baru di Dunia AI dan Blockchain!

Setelah berhasil membuat versi token palsu di jaringan Fantom, penyerang kemudian mencetak 100 juta token GNUS palsu. Token-token palsu ini kemudian dijembatani ke Ethereum dan dijual di pasar, sehingga menyebabkan harga token GNUS asli anjlok. Akibatnya, kekayaan berpindah tangan dari investor yang memegang token GNUS asli ke penyerang.

Dampak Peretasan Gnus.AI

Peretasan Gnus.AI menimbulkan kerugian finansial yang besar bagi para investor yang memegang token GNUS asli. Harga token GNUS anjlok lebih dari 95%, dari $22,86 menjadi $0,79. Selain itu, peretasan ini juga merusak kepercayaan investor terhadap proyek Gnus.AI dan proyek-proyek mata uang crypto lainnya.

Menanggapi peretasan ini, CEO Gnus.AI, “SuperGenius,” menyatakan bahwa perusahaan akan menyetor $1 juta sebagai kompensasi kepada para investor crypto yang dirugikan. Kompensasi ini akan menutupi 80% dari kerugian yang diperkirakan oleh CertiK, sebuah perusahaan keamanan siber.

Dugaan Rug Pull

Selain kerugian finansial, peretasan Gnus.AI juga menimbulkan dugaan rug pull. Rug pull adalah tindakan penipuan di mana pengembang proyek crypto tiba-tiba meninggalkan proyek dan membawa kabur uang investor. Dugaan rug pull muncul karena beberapa alasan.

Pertama, penyerang berhasil mendapatkan akses ke kunci pribadi tim melalui Discord, yang menunjukkan adanya kemungkinan keterlibatan orang dalam. Kedua, penyerang mencetak 100 juta token palsu dalam waktu yang singkat, yang menunjukkan adanya persiapan yang matang. Ketiga, penyerang menjual token palsu tersebut di pasar, yang menunjukkan adanya niat untuk merugikan investor.

Penutup

Peretasan Gnus.AI menjadi peringatan bagi para investor mata uang crypto untuk selalu berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi. Selain itu, proyek-proyek mata uang crypto harus meningkatkan keamanan mereka untuk mencegah terjadinya peretasan dan rug pull.

Baca Juga: Airdrop Ethereum L2 EigenLayer: Airdrop Tambahan Senilai 28 Juta EIGEN Siap Dibagikan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi