Revolusi Pembayaran Crypto, Gnosis Luncurkan Kartu Debit Visa yang Dapat Dikendalikan Sendiri!

author:

Revolusi Pembayaran Crypto, Gnosis Luncurkan Kartu Debit Visa yang Dapat Dikendalikan Sendiri!

Gnosis, perusahaan blockchain terkemuka, baru-baru ini meluncurkan Gnosis Pay dan Gnosis Card, yang merupakan jaringan pembayaran desentralisasi pertama di dunia dan kartu debit yang dapat dikendalikan sendiri.

Pengumuman resmi dibuat pada Konferensi Komunitas Ethereum (EthCC), acara tahunan terbesar Ethereum di Eropa. Gnosis Card, yang menggunakan sistem pembayaran Visa, akan menjadi kartu debit yang langsung terhubung dengan akun on-chain pengguna, dibangun di atas jaringan pembayaran desentralisasi Gnosis Pay.

Gnosis Card: Kartu Debit Visa yang Dapat Dikendalikan Sendiri

Menurut laporan, Gnosis Card memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran di mana saja Visa diterima, dengan dana langsung diambil dari dompet pengguna daripada memerlukan pengguna untuk melakukan pra-pembayaran pada kartu.

Baca juga: Cardano Siap Luncurkan Hydra Pay, Layanan Pembayaran Desentralisasi Masa Depan!

Friederike Ernst, salah satu pendiri Gnosis Chain dan Gnosis Pay, menjelaskan bahwa ini berbeda dari jaringan pembayaran Web2 karena pengguna masih memiliki hak atas dana mereka. Dia menambahkan,

“Ini berbeda dari kartu pembayaran Web3 karena tidak diisi terlebih dahulu. Jika Anda memiliki kartu Binance, Anda mengisi akun Anda dengan kripto dan menghabiskan dari saldo tersebut. Dengan Gnosis Pay, Anda menghabiskan dari dompet Anda yang dapat dikendalikan sendiri saat Anda mengetuk kartu Anda.”

Pada saat peluncuran, pengguna hanya akan dapat menghabiskan EURe, sebuah stablecoin yang dipegang ke Euro, pada kartu. Tim Gnosis Pay sedang bekerja untuk mengintegrasikan stablecoin desentralisasi MakerDAO, DAI, untuk opsi pembayaran lebih lanjut. Ernst menjelaskan,

“Saat ini jika Anda kehabisan EURe, pembayaran akan ditolak. Fitur yang akan kami tambahkan di masa depan adalah bahwa jika Anda kehabisan EURe tetapi memiliki USDC, misalnya, sistem akan bertanya apakah Anda ingin menukar token Anda.”

Lebih lanjut, Gnosis Pay menggunakan protokol layer-2 yang dibangun di atas Gnosis Chain untuk memungkinkan jaringan untuk menskalakan dengan cukup baik. Ini juga memungkinkan detail KYT dan KYC, persyaratan untuk off-ramp Visa, yang dikumpulkan melalui Fractal untuk dilindungi.

Banyak kompleksitas teknis disembunyikan dari pengguna menggunakan abstraksi akun, yang dimungkinkan oleh penggunaan Safe oleh Gnosis. Salah satu cara abstraksi akun digunakan di sini adalah dengan menghilangkan kebutuhan untuk frase seed, dan malah menggunakan dompet Anda untuk masuk ke aplikasi web, sementara di backend, dompet baru telah dibuat.

Gnosis Pay: Jaringan Pembayaran Desentralisasi Pertama di Dunia

gnosis visa pembayaran crypto
Sumber: Cryptopolitan

Seperti yang sudah disebutkan, Gnosis Pay akan beroperasi sebagai layer 2 untuk rantai Gnosis, memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih hemat biaya. Dari sudut pandang pengalaman pengguna, ini persis sama dengan pengalaman yang sudah biasa digunakan semua orang, tetapi di balik layar menggunakan crypto untuk menyelesaikan pembayaran mereka, kata Stefan George, salah satu pendiri Gnosis dan Chief Technology Officer Gnosis Pay.

Pada saat peluncuran, Gnosis Pay hanya akan memiliki kartu fisik dan aplikasi web. Aplikasi seluler akan datang “segera”. Biaya pendaftaran untuk layanan ini adalah 30 EURe, menandai awal era baru dalam pembayaran crypto. Setelah Safe dipisahkan sebagai bisnis terpisah pada Juli lalu, hubungan erat antara kedua entitas tetap ada, seperti yang terlihat dengan penggunaan dompet Safe dalam produk terbaru Gnosis.

Baca juga: Terobosan Baru! Alchemy Pay dan Mastercard Kolaborasi untuk Transaksi NFT Global

Gnosis melihat jaringan pembayaran crypto dan kartu yang luas sebagai jembatan antara pengalaman on-chain dan off-chain.

“Membuat jembatan ini memuat dan menanggung lalu lintas, saya pikir ini adalah sesuatu yang akan sangat besar untuk ekosistem,” jelas Ernst. “Jika Anda melihat primitif keuangan, pembayaran adalah yang paling banyak digunakan, bukan? Kita melakukannya setiap hari. Jadi, bisa melakukannya dengan cara Web3 yang asli, itu sangat besar.”

Membangun Jembatan ke Dunia Lama

Ide pembuatan Gnosis Card muncul ketika George sedang berlibur ski di Alpen Prancis dan bertukar ide dengan seorang eksekutif di processor pembayaran SaltPay. George menjelaskan bagaimana teknologi blockchain bekerja dan bagaimana bisa berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

“Ide itu muncul bahwa kita harus mencoba bekerja sama untuk menjembatani dunia antara apa yang mereka lakukan dan apa yang kita lakukan. Pada akhirnya, saya pikir itu satu-satunya cara kita bisa benar-benar mendapatkan adopsi lebih banyak untuk crypto. Kita ahrus membangun jembatan ke dunia lama.” Kata George.

Gnosis Pay akan menyediakan alat dan API untuk memungkinkan dompet lain, DAO, atau kolektif NFT untuk menyediakan produk serupa dengan Gnosis Card kepada pengguna mereka. “Dari sisi teknologi dan regulasi, ini adalah tugas yang berat. Jadi, kami membiarkan dompet lain menggunakan infrastruktur ini untuk mengeluarkan kartu,” kata Ernst.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: