Liberia Gandeng Gluwa untuk Bangun CBDC, Solusi Atasi Konektivitas Internet Lemah

Liberia Gandeng Gluwa untuk Bangun CBDC, Solusi Atasi Konektivitas Internet Lemah

Negara Afrika Barat, Liberia, tengah mempertimbangkan untuk membuat mata uang digital bank sentral (CBDC) bekerja sama dengan platform aset dunia nyata, Gluwa. Gluwa, yang baru-baru ini bermitra dengan Bank Sentral Nigeria (CBN) untuk membantu menggerakkan CBDC ‘eNaira’, akan membantu dalam penelitian dan pengembangan CBDC Liberia.

Tae Oh, CEO Gluwa, bertemu dengan Presiden Liberia, Joseph Boakai, untuk membahas kemungkinan membangun CBDC. Pertemuan tersebut menjadi kesempatan yang merendahkan hati untuk mempelajari lebih lanjut tentang komitmen pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi, kata Boakai. Simak berita lengkapnya disini!

Gluwa Bantu Bangun CBDC Liberia, Nigeria, dan Ghana

Menurut pengumuman Gluwa pada tanggal 15 Maret, diskusi dengan presiden negara itu membahas konektivitas internet yang lambat di negara itu. Hal ini menjadi kendala bagi inklusi digital negara di daerah pedesaan. Pada Kamis pagi, 14 Maret, terjadi gangguan internet besar-besaran di Liberia.

Situasi yang berlangsung selama lebih dari 14 jam tersebut melumpuhkan transaksi daring termasuk transfer uang seluler dan layanan perbankan. Gluwa mengusulkan pengenalan Penyedia Layanan Internet (ISP) berbasis satelit yang dirancang khusus untuk memperluas konektivitas internet murah ke daerah pedesaan.

Inisiatif CBDC Gluwa dan Liberia “akan membutuhkan kompatibilitas yang luas dengan sistem uang seluler Liberia yang ada,” tambah perusahaan itu. Solusi ISP perusahaan blockchain tersebut juga bertujuan untuk membantu infrastruktur guna mendukung aksesibilitas solusi CBDC negara tersebut.

Baca Juga: 3 Crypto yang Harus Dibeli Hari Ini (20/3): FTM, TIA, dan STX

Gluwa Siap Bantu Liberia Atasi Konektivitas Internet Lemah

gluwa siap bantu liberia
Sumber: Bitcoin Ke

Gluwa baru-baru ini juga mengunjungi Wakil Presiden Ghana, Mahamudu Bawumia, untuk membahas peningkatan inklusi keuangan di negara tersebut. CEO Tae Oh berkesempatan membahas perkembangan terkini Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Ghana, tulis Gluwa.

Di Nigeria, Gluwa menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan CBN untuk secara resmi bergabung sebagai Agen Mitra untuk eNaira. Selain itu, Gluwa mengumumkan akan mengintegrasikan inovasi blockchain Credal langsung ke CBDC Nigeria.

Lebih lanjut, kemitraan antara Gluwa dan CBN juga fokus pada penyederhanaan pinjaman fintech, mengautentikasi transaksi, dan menerapkan mekanisme autentikasi pengguna yang kuat.

Baca Juga: 10 Presale Crypto Terbaik di 2024

Gluwa Dorong Inklusi Keuangan di Afrika Barat

Gluwa, perusahaan solusi blockchain yang berbasis di Singapura, tengah gencar menjalin kerja sama dengan sejumlah negara di Afrika Barat untuk membantu mereka membangun mata uang digital bank sentral (CBDC).

Liberia, Nigeria, dan Ghana menjadi negara-negara yang telah disambangi oleh Gluwa dalam rangka membahas rencana pembangunan CBDC. Gluwa percaya bahwa CBDC dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi oleh negara-negara di Afrika Barat, seperti inklusi keuangan yang rendah dan tingginya biaya transaksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi