Transformasi Energi Terbuang Menjadi Emas Digital: Langkah Giga Energy di Argentina!

Transformasi Energi Terbuang Menjadi Emas Digital: Langkah Giga Energy di Argentina!

Jakarta, Pintu News – Perusahaan penambangan crypto asal Texas, Giga Energy, baru-baru ini mengumumkan ekspansi operasionalnya ke Argentina, membuka lembaran baru dalam pemanfaatan energi terbuang dari gas alam.

Langkah strategis ini tidak hanya memperluas cakrawala operasional Giga Energy tetapi juga menandai komitmen mereka dalam mengurangi pembakaran gas alam yang tidak terpakai di ladang minyak, sebuah praktik yang dikenal dengan gas flaring. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ekspansi ke Ladang Gas Alam Argentina

Giga Energy, yang telah memulai operasinya sejak 2019, memilih Argentina sebagai lokasi ekspansi terbarunya, dengan fokus pada ladang gas Vaca Muerta yang terkenal. Kerjasama dengan Phoenix Global Resources dan Exa Tech memungkinkan Giga untuk membangun tambang Bitcoin dua megawatt di atas salah satu cadangan gas alam terbesar di dunia ini.

Pendekatan inovatif Giga dalam mengkonversi gas alam terbuang menjadi listrik untuk menambang Bitcoin menawarkan solusi cerdas dalam mengatasi masalah lingkungan sekaligus menghasilkan aset digital.

Baca Juga: Jelang Bitcoin Halving, Cipher Mining Lakukan Pembelian 16.700 Penambang Baru!

Pemanfaatan Gas Flaring untuk Penambangan Bitcoin

gas flaring mining bitcoin
Sumber: Akun X Matt Lohstroh

Proses penambangan Bitcoin yang dilakukan Giga Energy unik karena menggunakan gas alam yang terbuang dari proses gas flaring. Dengan menempatkan kontainer berisi ribuan rig penambang Bitcoin di atas sumur minyak, Giga mengalihkan gas alam ke generator yang kemudian mengubahnya menjadi listrik untuk menggerakkan rig penambangan.

Pendekatan ini tidak hanya mengurangi emisi CO2 setara hingga 63% dibandingkan dengan pembakaran gas yang terus-menerus, tetapi juga mengubah energi terbuang menjadi aset berharga bagi produsen minyak.

Baca Juga: Mega Investasi, Riot Blockchain Beli 33.000 Rig Mining Senilai Rp2,4 Triliun!

Dampak Positif dan Tantangan

Meskipun penambangan Bitcoin sering kali dikritik karena dampak negatifnya terhadap lingkungan, Giga Energy berusaha membuktikan bahwa penambangan dapat dilakukan dengan cara yang lebih bertanggung jawab.

Dengan memanfaatkan gas alam terbuang, Giga tidak hanya mengurangi emisi metana global tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal Argentina. Namun, tantangan masih ada, terutama terkait dengan impor peralatan yang diperlukan untuk skala operasi yang lebih besar.

Langkah Giga Energy di Argentina ini membuka peluang baru dalam industri crypto, di mana penambangan Bitcoin tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga memberikan manfaat lingkungan. Inisiatif seperti ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak perusahaan penambangan untuk mencari solusi inovatif dan berkelanjutan dalam operasional mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: