Georgia Tingkatkan Kemampuan Investigasi Aset Virtual, Apa Dampaknya pada Dunia Crypto?

Georgia Tingkatkan Kemampuan Investigasi Aset Virtual, Apa Dampaknya pada Dunia Crypto?

Georgia semakin memperkuat perang melawan kejahatan finansial yang melibatkan mata uang kripto atau crypto. Dalam upaya ini, mereka telah mengadakan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan para penegak hukum dalam mengidentifikasi dan menyelidiki kejahatan yang melibatkan aset virtual. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Georgia dan OSCE Bersatu Melawan Kejahatan Crypto

georgia dan osce crypto
Sumber: Bitcoin News

Sebanyak 27 perwakilan penegak hukum dan pengawas dari Georgia telah mengikuti kursus pelatihan yang diadakan dari 17 hingga 20 Oktober 2023 di Tbilisi, Georgia. Pelatihan ini difokuskan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menyelidiki kejahatan yang melibatkan crypto dan penipuan finansial lainnya.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kantor Koordinator Aktivitas Ekonomi dan Lingkungan OSCE (OCEEA), bekerja sama dengan Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC). Kantor Koordinator Aktivitas Ekonomi dan Lingkungan OSCE adalah organisasi yang menangani isu-isu ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan keamanan.

Sementara itu, Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan adalah organisasi yang berperang melawan narkoba ilegal dan kejahatan internasional. Selain itu, UNODC juga bertanggung jawab atas implementasi program PBB terkait terorisme.

Baca Juga: Pengawas Sekuritas Internasional Terbitkan Standar Regulasi Crypto dan Aset Digital

Pelatihan Aset Virtual: Langkah Maju dalam Perang Melawan Kejahatan Crypto

Menurut Vera Strobachova-Budway, pejabat senior ekonomi yang bertindak di OCEEA, Georgia muncul sebagai mitra dan penerima manfaat penting untuk kursus pelatihan ini. Hal ini dikarenakan dedikasi dan minat yang ditunjukkan oleh negara ini dalam pelatihan tersebut cukup tinggi.

Pelatihan ini mencakup teknik canggih dan alat praktis yang membantu pejabat pemerintah dalam menyelidiki kejahatan finansial yang dilakukan melalui Aset Virtual. Alat-alat ini mencakup pelacakan canggih transaksi kriminal di berbagai blockchain dan studi kasus, serta memperkenalkan perangkat lunak analitik khusus.

Baca Juga: Perketat Aturannya, Cyprus Siapkan Hukuman Berat untuk Pelanggar Regulasi Crypto!

Proyek Inovatif untuk Mitigasi Risiko Pencucian Uang

Pelatihan ini merupakan bagian dari proyek tambahan yang dipimpin oleh OSCE dengan judul “Solusi Kebijakan Inovatif untuk mengurangi risiko pencucian uang dari aset virtual”.

Proyek ini dirancang untuk mendukung pemerintah Georgia, Moldova, dan Ukraina dalam membangun kapasitas otoritas nasional untuk mengurangi risiko kriminal yang terkait dengan aset virtual dan crypto, serta memberikan mereka perangkat lunak analitik untuk melacak aset virtual melalui berbagai blockchain.

Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan kejahatan yang melibatkan crypto dapat diminimalisir. Langkah ini juga menunjukkan bahwa pemerintah dan organisasi internasional semakin serius dalam menghadapi tantangan dan risiko yang ditimbulkan oleh aset virtual dan cryptocurrency.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: