Genesis Setuju Bayar Denda $21 Juta untuk Selesaikan Tuduhan Terkait Program Pinjaman Gemini Earn

Genesis Setuju Bayar Denda $21 Juta untuk Selesaikan Tuduhan Terkait Program Pinjaman Gemini Earn

Genesis Global Capital, perusahaan peminjaman kripto yang bangkrut, telah setuju untuk membayar denda perdata sebesar $21 juta sebagai bagian dari putusan pengadilan final untuk menyelesaikan tuduhan terkait program pinjaman Gemini Earn.

Genesis dan Gemini didakwa melakukan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar setelah meluncurkan program pinjaman kripto Gemini Earn untuk investor ritel. Berdasarkan ketentuan penyelesaian, SEC hanya akan menerima sebagian dari denda setelah pembayaran kebangkrutan lainnya dilakukan, termasuk klaim oleh investor ritel. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Genesis dan Gemini Didakwa Melakukan Penawaran Sekuritas yang Tidak Terdaftar

Denda $21 juta menandai berakhirnya gugatan yang diajukan oleh SEC terhadap Gemini dan Genesis pada Januari 2023 karena menjual sekuritas yang tidak terdaftar melalui program Gemini Earn. Genesis menangguhkan penarikan pengguna di platformnya pada November 2022 ketika Gemini Earn memiliki sekitar 340.000 pelanggan dan $900 juta dalam aset yang dikelola, menurut pengumuman SEC.

pengumuman sec
Sumber: SEC Gov

Denda tersebut muncul tiga minggu setelah Gemini setuju untuk membayar denda $37 juta karena beberapa kegagalan kepatuhan “yang mengancam keselamatan dan kesehatan perusahaan,” jelas Pengawas Adrienne Harris dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS) dalam pernyataan 28 Februari.

Denda $37 juta merupakan bagian dari penyelesaian yang dicapai antara Gemini dan NYDFS, yang akan membuat Gemini mengembalikan setidaknya $1,1 miliar kepada pelanggan program Gemini Earn melalui proses kebangkrutan Genesis. Jika disetujui oleh pengadilan kebangkrutan, Gemini mengatakan pihaknya berharap pengguna Earn akan menerima kembali 100% aset mata uang kripto mereka ditambah apresiasi.

Baca Juga: Genesis Global Selesaikan Gugatan Pengadilan New York Sebesar $1 Miliar Terkait Penipuan Crypto Pelanggan!

SEC Akan Menerima Sebagian dari Denda Setelah Pembayaran Klaim Kebangkrutan Lainnya

SEC tidak akan menerima “sebagian dari denda sampai setelah pembayaran semua klaim lain yang diizinkan oleh pengadilan kebangkrutan,” kata pengumuman itu. “Penyelesaian hari ini dibangun di atas tindakan sebelumnya untuk memperjelas kepada pasar dan masyarakat investasi bahwa platform pinjaman kripto dan perantara lainnya perlu mematuhi undang-undang sekuritas kami yang telah teruji waktu,” kata Ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah pernyataan.

Meskipun Genesis tidak menyangkal atau mengakui tuduhan SEC, hukuman tersebut dapat menjadi preseden bagi bursa kripto lain di pengadilan dengan regulator atas tuduhan terkait sekuritas yang tidak terdaftar. Sebagai bagian dari rencana untuk membayar kembali pelanggannya, Genesis mengungkapkan niatnya pada 28 Februari untuk mengembalikan lebih dari $1,1 miliar kepada investor Gemini Earn. Menurut Genesis, investor akan menerima 100% aset kripto mereka dan kemungkinan bonus.

Penyelesaian dengan SEC terjadi beberapa minggu setelah diselesaikan dengan Jaksa Agung New York (NYAG). NYAG menggugat DCG, Genesis, dan Gemini tahun lalu. Jaksa Agung Letitia James menuduh bahwa mereka bersekongkol dalam skema penipuan yang melibatkan produk Earn Gemini.

Kesimpulan

Digital Currency Group (DCG), perusahaan induk Genesis, sangat menentang penyelesaian tersebut, dengan alasan bahwa penyelesaian antara Jaksa Agung New York (NYAG) dan Genesis tidak asli. Genesis “tidak dapat, dengan kedok ‘penyelesaian,’ mengambil nilai dari kelas bawah dan mendistribusikannya kembali kepada kreditor pilihan yang melanggar prioritas mutlak,” jelas DCG.

DCG adalah perusahaan modal ventura yang berfokus pada pasar kripto yang memiliki beberapa merek kripto terkenal, termasuk pemberi pinjaman kripto Genesis, bursa Bitcoin Luno, dan Grayscale Investments.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi