Genesis Global Selesaikan Gugatan Pengadilan New York Sebesar $1 Miliar Terkait Penipuan Crypto Pelanggan!

Genesis Global Selesaikan Gugatan Pengadilan New York Sebesar $1 Miliar Terkait Penipuan Crypto Pelanggan!

Dalam sebuah penyelesaian mengejutkan, Genesis Global, anak perusahaan Digital Currency Group, telah mencapai kesepakatan dalam gugatan yang diajukan oleh Jaksa Agung New York, Letitia James.

Gugatan tersebut menuduh perusahaan peminjaman mata uang kripto yang bangkrut itu melakukan penipuan terhadap pelanggan yang berpartisipasi dalam program Gemini Earn yang telah dihentikan, yang dioperasikan bersama dengan Gemini Trust Co. Genesis akan segera mencari persetujuan untuk rencana pembayaran utangnya pada tanggal 14 Februari. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Gugatan Jaksa Agung New York

Pada bulan Oktober 2023, Jaksa Agung New York, Letitia James, mengajukan gugatan terhadap perusahaan mata uang kripto Genesis Global dan perusahaan induknya, DCG, serta Gemini, dengan tuduhan “menipu” investor lebih dari $1 miliar.

penutupan genesis global
Sumber: Cryptonews

Melalui gugatan tersebut, Jaksa Agung James berupaya mendapatkan ganti rugi bagi para investor, “pengembalian keuntungan yang diperoleh secara tidak sah,” dan larangan bagi ketiga entitas tersebut untuk berpartisipasi dalam industri investasi keuangan di New York.

Namun, penyelesaian yang diungkapkan di pengadilan kebangkrutan New York hari ini hanya membahas tuduhan terhadap Genesis, sebagaimana yang diuraikan dalam dokumen pengadilan.

Baca Juga: Kontroversi Besar di Industri Crypto: Penutupan Genesis Global Trading!

Selain itu, kesepakatan dengan Jaksa Agung James mengalihkan aset, yang awalnya ditujukan untuk otoritas negara bagian, kepada mantan pelanggan Earn dan kreditor Genesis lainnya. Menunggu persetujuan dari hakim kebangkrutan, penyelesaian ini mengikuti resolusi sebelumnya dari pengaduan terpisah mengenai program Earn oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Sementara perusahaan-perusahaan tersebut menyangkal melakukan kesalahan, Genesis memilih untuk menyelesaikan tuduhan tersebut tanpa mengakui tanggung jawab. Selain itu, Genesis telah berkomitmen untuk menghentikan operasinya di New York karena akan dilikuidasi.

Kreditor Genesis Mungkin Menerima Pembayaran Bitcoin

Otoritas New York telah mengusulkan untuk memprioritaskan kreditor Genesis dalam antrian pembayaran Bab 11, terlepas dari apakah pemberi pinjaman membayar utang dalam mata uang kripto atau mata uang fiat, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg.

genesis jual aset kripto
Sumber: CoinGape

Genesis telah menyarankan untuk mengembalikan Bitcoin dan token lainnya kepada klien yang terkena dampak kebangkrutan, meskipun hakim dapat mengamanatkan pembayaran tunai. Selanjutnya, kreditor utama Genesis telah menyetujui prosedur penilaian yang direvisi untuk aset digital, yang mencerminkan peningkatan nilai pasar mereka sejak pengajuan Bab 11 pada Januari 2023.

Hal ini berbeda dengan perusahaan mata uang kripto bangkrut lainnya, yang menilai aset digital pada saat pengajuan. Digital Currency Group menentang rencana likuidasi yang diusulkan Genesis, dengan alasan kekhawatiran atas perlakuan istimewa terhadap kreditor tertentu dalam Bab 11.

Baca Juga: Genesis Global Trading Setuju Bayar Denda $8 Juta dan Menyerahkan Bitlicense

Dikelola secara independen dalam proses kebangkrutan, Genesis berencana untuk meminta persetujuan atas penyelesaian New York dan rencana likuidasi dari Hakim Sean Lane pada tanggal 14 Februari. Program Earn, yang dikritik oleh SEC karena menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar, mengizinkan pelanggan untuk mendapatkan bunga dengan meminjamkan aset digital mereka.

James menuduh Gemini tidak cukup mengungkapkan risiko mengenai pinjaman program Earn dan menuduh Genesis dan Digital Currency Group berusaha menyembunyikan kerugian lebih dari $1 miliar setelah runtuhnya dana lindung nilai mata uang kripto Three Arrows Capital – semua ini adalah klaim yang disangkal oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Genesis Global Menyetujui Denda $8 Juta dan Keluar dari New York Setelah Gugatan SEC

SEC menggugat perusahaan tersebut pada Januari 2023, dengan tuduhan bahwa pemberi pinjaman tersebut mencampurkan aset dari program Earn-nya dengan dana dari pelanggan lain. Baik Gemini maupun Genesis menghadapi tuduhan melanggar undang-undang keuangan federal, dengan SEC juga menuduh mereka menjual dan menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar.

Genesis Global Trading, yang tidak terkait dengan program Earn, setuju pada tanggal 12 Januari untuk membayar denda sebesar $8 juta kepada Departemen Layanan Keuangan New York. Sesuai kesepakatan, perusahaan tersebut setuju untuk menghentikan operasinya di New York dan menyerahkan BitLicense-nya.

Kesimpulan

Genesis Global telah mencapai penyelesaian dalam gugatan yang diajukan oleh Jaksa Agung New York, Letitia James, terkait dugaan penipuan lebih dari $1 miliar dalam program Gemini Earn yang dihentikan. Genesis akan segera mencari persetujuan untuk rencana pembayaran utangnya pada tanggal 14 Februari. Sementara itu, kreditor Genesis mungkin menerima pembayaran Bitcoin, dan Genesis Global telah setuju untuk membayar denda $8 juta dan keluar dari New York setelah gugatan SEC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi