Karya Seni Digital Berbasis Bitcoin Ordinals, ‘Genesis Cat’ Terjual dengan Harga Tinggi!

Karya Seni Digital Berbasis Bitcoin Ordinals, ‘Genesis Cat’ Terjual dengan Harga Tinggi!

Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi di dunia lelang ketika sebuah karya seni digital yang dibangun di atas blockchain Bitcoin terjual dengan harga yang luar biasa tinggi. Karya yang diberi judul “Genesis Cat”, hasil ciptaan yang menggunakan protokol Ordinals pada Bitcoin, telah menjadi sorotan setelah berhasil terjual seharga lebih dari $250.000 di rumah lelang ternama, Sotheby’s.

Karya ini adalah bagian dari seri Quantum Cats yang dihasilkan oleh Francisco “FAR” Alarcon, yang tidak hanya seorang seniman tetapi juga seorang insinyur. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Karya Unik “Genesis Cat” Mencetak Rekor Baru

“Genesis Cat” bukanlah sembarang karya seni digital. Sebagai elemen dari seri Quantum Cats yang diinisiasi oleh grup Taproot Wizards, karya ini berhasil terjual dengan harga yang mengejutkan, yaitu $254.000, jauh melampaui estimasi awal antara $15.000 hingga $20.000.

FAR, sang kreator, terkenal dengan karya-karyanya yang menggabungkan seni visual dan teknologi, sering kali mengeksplorasi sejarah dari grafis komputer dan teknik pencitraan digital.

Karya ini menduduki posisi spesial sebagai satu-satunya karya 1/1 dalam seri Quantum Cats, menandakan statusnya yang signifikan dalam ranah seni digital Bitcoin Ordinals. Seri Quantum Cats, yang merupakan koleksi pertama yang dirilis oleh Taproot Wizards, bertujuan untuk memicu inovasi dan kreativitas di ekosistem Bitcoin. Dengan lebih dari 50 tawaran yang masuk, “Genesis Cat” telah membuktikan bahwa seni digital memiliki nilai yang signifikan di zaman sekarang.

Baca Juga: Heboh! Pasar Bitcoin Ordinals Pecahkan Rekor dengan Volume Perdagangan $36 Juta

Lelang Sotheby’s: Koleksi Ordinals Terjual Habis

lelang genesis cat
Sumber: Akun X Sotheby’s Metaverse

Bukan hanya “Genesis Cat”, tetapi 18 karya seni digital lainnya juga berhasil terjual dalam lelang bertajuk “Natively Digital: An Ordinals Curated Sale” yang diselenggarakan oleh Sotheby’s. Michael Bouhanna, yang menjabat sebagai Kepala Seni Digital dan NFT di Sotheby’s, mengumumkan bahwa seluruh koleksi telah terjual habis.

Dari 19 karya yang ditawarkan, beberapa di antaranya terjual dengan harga yang mengejutkan, seperti Lot 17 “Black Rare Sat (20.159.999.999.999)” yang terjual seharga $165.100, dan “Benediction from Between Worlds” karya Des Lucréce yang terjual seharga $95.250. Keseluruhan lot berhasil terjual dengan total 641 penawaran, dan semua karya seni terjual dengan jumlah keseluruhan sebesar $1.097.000.

Ini merupakan sebuah pencapaian besar dan menjadi momen bersejarah bagi seni digital Bitcoin Ordinals. Hasil lelang ini menunjukkan bahwa meskipun pasar NFT yang berbasis Ethereum mengalami penurunan, seni digital di blockchain Bitcoin masih menarik minat yang kuat dari para kolektor dan pecinta seni.

Baca Juga: Terobosan Baru, Lelang NFT Ordinals Koleksi ‘AI Meets Bitcoin’ dengan Sentuhan AI

NFT Ethereum Mengalami Penurunan, Bitcoin Ordinals Mendapat Sorotan

Di sisi lain, nilai NFT yang berbasis Ethereum telah menurun selama setahun terakhir. GameStop telah menghentikan operasi pasar NFT-nya dan X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) telah menghilangkan fitur gambar profil NFT. Namun, kesuksesan lelang “Genesis Cat” dan karya seni digital Bitcoin Ordinals lainnya menunjukkan bahwa masih ada ketertarikan yang besar terhadap aset digital tersebut.

Fluktuasi pasar crypto tidak menghalangi para kolektor dari berinvestasi dalam karya seni digital yang unik dan eksklusif. Kesuksesan lelang ini juga menandai potensi pertumbuhan bagi seni digital yang terintegrasi dengan teknologi blockchain, terutama pada Bitcoin yang merupakan mata uang crypto yang paling dikenal.

Kesimpulan

Kesuksesan lelang yang diadakan oleh Sotheby’s ini menegaskan bahwa seni digital, terutama yang berkaitan dengan blockchain Bitcoin, masih memiliki tempat yang istimewa di hati para kolektor. “Genesis Cat” dan karya-karya lainnya telah membuka pandangan dunia terhadap potensi seni digital sebagai bentuk investasi dan medium ekspresi seni yang bernilai.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi